Penjelasan Lengkap Pengertian Warna Primer Adalah

Penjelasan Lengkap Pengertian Warna Primer Adalah – Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian warna primer adalah, warna sekunder, dan warna tersier.

Terdapat 3 jenis warna diantaranya warna primer adalah, warna sekunder, dan warna tersier yang merupakan unsur dalam seni rupa.

Ada banyak ragam unsur di dalam seni rupa yang terdiri dari 8 jenis yaitu titik, bidang, garis, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan juga pewarnaan gelap dan terang.

Setiap unsur dalam seni rupa memiliki peranan tersendiri di dalam penciptaan sebuah karya, salah satunya unsur warna.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai warna primer adalah, warna tersier, dan warna sekunder, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Warna

Warna merupakan spektrum yang ada di dalam cahaya sempurna berwarna putih sebagai identitas yang dibentuk berdasarkan gelombang cahaya itu sendiri.

Di dalam teori Webster, sebenarnya warna digolongkan ke dalam empat kelompok warna diantaranya:

  • Warna primer
  • Warna sekunder
  • Warna tersier
  • Warna netral

Teori Webster ini disusun dengan menggunakan lingkaran warna yang disebut dengan lingkaran warna Brewster pada tahun 1831.

Jika anda seorang seniman atau orang yang bekerja dengan warna, teori ini akan mempermudah pembuatan sebuah warna baru lewat pencampuran warna yang sudah ada.

Warna adalah unsur yang paling mendominasi dalam penciptaan sebuah karya seni karena penggunaan warna di dalam sebuah karya akan memberikan kesan agar nampak seperti benda nyata.

Selain menunjukkan gambar seperti benda aslinya, pewarnaan dalam karya seni juga menjadi simbol suasana hati seorang seniman.

Jika seorang seniman menggunakan pemilihan warna gelap terang, kita bisa melihat emosi di dalam sebuah karya seni.

Misalnya penggunaan warna biru cerah, kuning, atau hijau cerah akan menunjukkan emosi bahagia, sedangkan penggunaan warna gelap seperti warna hitam, merah, ataupun warna biru gelap akan memberikan kesan sedih atau emosi negatif di dalam sebuah karya seni.

Baca Juga : Jenis Komunikasi Jaringan Ada 2 yaitu …

Warna di dalam unsur seni rupa tepatnya di dalam penciptaan sebuah karya terbagi menjadi 3 jenis warna diantaranya:

  • Warna primer
  • Warna sekunder
  • Warna tersier

Warna primer adalah

Penjelasan Lengkap Pengertian Warna Primer Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata primer berarti sesuatu yang pertama, utama, dan pokok.

Maka dari itu warna primer adalah warna utama atau disebut juga dengan warna dasar.

Warna primer dibagi kembali menjadi 3 warna dasar untuk pembentukan warna lainnya, antara lain:

  • Warna biru
  • Warna merah
  • Warna kuning

Bagi para seniman atau pelukis, warna primer adalah warna dasar yang penting untuk mencampurkan dua warna atau lebih sehingga membentuk warna lain yang diinginkan.

Pencampuran warna ini bisa dilakukan dengan menggunakan takaran yang berbeda-beda hingga terbentuk warna baru sesuai dengan yang diinginkan.

Takaran yang berbeda tentu saja akan menghasilkan warna yang berbeda pula, oleh karena itu, warna primer adalah sebagai warna dasar warna lain.

Cara penciptaan warna atau pembuatan atau pembuatan warna baru pun adalah dengan menggabungkan beberapa warna menjadi satu.

Bahkan dalam penggabungan warna, anda dapat menghasilkan ribuan warna baru.

Warna sekunder adalah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, sekunder berarti sesuatu yang berkenaan dengan yang kedua atau tingkatan kedua.

Dari situ bisa dijelaskan bahwa warna sekunder adalah warna pada tingkatan kedua berdasarkan penggabungan dari warna-warna primer.

Tingkatan warna ini dijelaskan berdasarkan teori Brewster dimana pada roda pertama terdiri dari tiga warna dasar atau warna primer.

Pada roda kedua terdapat roda sekunder sebagai penggambaran warna pencampuran dari warna-warna primer yang disebut dengan warna sekunder.

Contoh warna sekunder

  • Warna jingga

Merupakan pencampuran dari warna merah yang digabungkan dengan warna kuning kemudian menghasilkan warna jingga atau oren.

  • Warna hijau

Merupakan pencampuran dari warna biru yang digabungkan dengan warna kuning kemudian menghasilkan warna hijau.

  • Warna ungu

Pencampuran dari warna biru dan merah sehingga menciptakan warna ungu sebagai warna sekunder.

  • Warna coklat

Merupakan pencampuran dari warna biru dan hijau sehingga tercipta warna baru yaitu warna coklat sebagai warna sekunder.

Warna tersier adalah

Warna tersier disebut juga dengan warna ke-3 karena erat kaitannya dengan pembentukan warna dari jenis warna yang satu ini.

Warna tersier merupakan warna hasil pencampuran antara warna primer adalah dengan warna sekunder.

Pada pencampuran warna tahapan yang satu ini, warna sekunder akan dicampurkan dengan warna primer dimana pemilihan pencampuran warnanya akan dilakukan dengan berlawanan dari roda warna Brewster.

Dalam tahapan pencampuran warna ini akan membentuk warna baru yaitu warna tersier berdasarkan campuran warna yang menghasilkan warna agak kecoklatan.

Warna kecoklatan ini bisa terbentuk menjadi warna-warna baru yang tidak terbatas karena perbandingan dari setiap pencampurannya berbeda-beda.

Baca Juga : Pencemaran Lingkungan Wikipedia 2022

Kesimpulan

Itu dia sedikit penjelasan mengenai tiga jenis warna sebagai unsur pembentukan di dalam seni rupa, salah satunya warna primer adalah yang bisa kami sampaikan di dalam artikel penjelasan kali ini.

Tiga jenis warna ini terdiri dari warna primer adalah, warna sekunder, dan warna tersier menurut teori Brewster yang diimplementasikan dalam roda warna Brewster.

Warna primer adalah warna tingkatan pertama, warna sekunder adalah warna tingkatan kedua yang merupakan pencampuran antara warna-warna primer, dan warna tersier adalah warna tingkatan ketiga yang merupakan pencampuran dari warna primer dan warna sekunder.

Semoga pembahasan artikel warna primer adalah kali ini bisa menambah informasi dan wawasan anda terutama bagi anda yang menyukai seni.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel warna primer adalah dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel bermanfaat berikutnya.

Tinggalkan komentar