Teks MC Akad Nikah 2022 Dari Opening Sampai Closing

Teks MC Akad Nikah 2022 Dari Opening Sampai Closing – Artikel kali ini akan membahas teks MC akad nikah dari pembukaan sampai penutupan.

Acara akad nikah selalu ada MC atau Master of Ceremony yang memandu acara agar bisa berjalan dengan baik.

Seorang MC atau pembawa acara harus memiliki kepercayaan diri dan penggunaan pemilihan kata-kata yang tepat.

Di beberapa acara pernikahan, mC biasanya sepaket dengan wedding organizer, jadi anda tidak perlu lagi menyiapkan MC untuk penyambutan para tamu.

Jika anda tidak menggunakan wedding organizer, bisa mencari orang yang sudah terbiasa cara baik itu pernikahan maupun acara lainnya sebagai MC.

Teks MC akad nikah tidak begitu rumit ketimbang acara pergelaran lainnya karena teks MC akad nikah berbentuk formal.

Teks MC akad nikah

1. Pembukaan

Teks MC akad nikah bagian pembukaan merupakan bagian awal permulaan acara, begitu semua hal sudah siap, MC bisa langsung membuka acara.

Bagian pembukaan biasanya berisi salam, sambutan kepada para tamu, dan pembacaan serangkaian acara hingga penutup.

Contoh teks MC akad nikah bagian pembukaan

Teks MC Akad Nikah 2022 Dari Opening Sampai Closing

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Lillahi rabbil alamin Mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena dengan rahmat dan karunia-nya kita bisa berjumpa dalam keadaan sehat walafiat di acara pernikahan hari ini.

Hari ini kita akan menyaksikan bersatunya Dua Insan dalam satu akad nikah dengan mempelai bernama Halih Rakasiwi dan Hani Diah Putri.

Tidak lupa Mari kita juga ucapkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beserta para keluarga, sahabat, dan para pengikutnya termasuk kita yang hadir di sini Insya Allah Istiqomah menjalankan risalahnya hingga akhir zaman. Semoga kelak kita juga bisa mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir amin amin ya robbal alamin.

Hadirin yang berbahagia, hari ini Kita diundang oleh bapak Muhammad Imam untuk menyaksikan akad nikah putra dan putrinya. Tidak lupa kita panjatkan doa restu untuk kedua mempelai agar menjalankan rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warohmah.

Perkenankan saya Kamilatunnisa yang bertugas sebagai pembawa acara pernikahan hari ini untuk menyampaikan susunan acara akad nikah.

Acara yang pertama adalah pembukaan dari pembawa acara

Yang kemudian dilanjutkan dengan acara kedua berupa sambutan penyerahan calon pengantin laki-laki.

Acara yang ketiga yaitu sambutan penerimaan calon pengantin wanita.

Acara keempat adalah simbolis penyerahan.

Acara kelima merupakan pembacaan ayat suci Alquran dari bapak Jaman Umar.

Acara keenam adalah khutbah pernikahan.

Acara ke-7 yaitu akad nikah.

Dan acara yang terakhir yaitu yang ke-8 merupakan pembacaan doa serta penutup.

Itu dia rangkaian untuk acara pernikahan pada hari ini.

Semoga diberikan kelancaran demi jalannya acara tanpa ada halangan yang berarti, mari kita semua awali dengan membaca basmalah bersama-sama, bismillahirohmanirohim.

Baca Juga : Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Terbaru 2022

Sambutan penyerahan mempelai pria

Sebelum memulai Ijab Kabul, biasanya ada sambutan dari pihak mempelai pria yang diartikan sebagai penyerahan ketika bertamu.

Sambutan ini dilakukan oleh sesepuh atau orang yang dituakan yang dibawa oleh rombongan pengantin pria.

Contoh teks MC akad nikah persilakan perwakilan dari mempelai pria:

Menginjak acara berikutnya berupa sambutan penyerahan dari pihak mempelai pria sebagai pihak yang menyatakan tujuan kedatangan rombongan.

Sambutan akan disampaikan oleh Bapak Luhut Burhanudin. Kepada beliau kami persilahkan.

Sambutan penerimaan mempelai wanita

Setelah penyerahan mempelai pria, perwakilan dari mempelai wanita juga akan memberikan sambutan penerimaan yaitu menyambut kedatangan rombongan dengan tujuan yang baik.

Hampir sama seperti sambutan di awal, sambutan ini biasanya diwakili oleh orang yang dituakan atau yang ditunjuk oleh tuan rumah.

Contoh teks MC akad nikah mempersilahkan perwakilan mempelai dari wanita:

Masya Allah, kami ucapkan terima kasih atas niat baik dan tulus nya yang sudah disampaikan dengan jelas dari pihak mempelai pria.

Selanjutnya kita akan mendengar sambutan penerimaan dari pihak mempelai wanita yang dibawakan oleh Bapak Maulana Vikri, kami persilahkan.

Simbolis penyerahan

Alhamdulillahirobbilalamin demikian sambutan penyerahan dan penerimaan dari pihak mempelai pria dan juga wanita sudah disampaikan dengan tujuan dan niat yang baik dan tekad yang bulat.

Berikutnya penyerahan seserahan sebagai tanda cinta dari mempelai pria kepada pihak mempelai wanita yang penyerahannya yang akan diberikan oleh ibu Nana sebagai ibu dari pihak pria kepada ibu Omas yang merupakan ibu dari pihak wanita.

Kepada Ibu Nana dan ibu Omas, kami persilahkan.

Berilah telah terlaksana penyerahan secara simbolis dari pihak kepada pihak mempelai wanita, kemudian dipersilahkan kembali untuk rombongan menyerahkan seserahan lainnya yang akan diterima oleh keluarga besar dari pihak mempelai wanita.

Pembacaan ayat suci Alquran

Teks MC akad nikah berikutnya yaitu mempersilahkan pembacaan ayat suci Alquran:

Memasuki rangkaian acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Alquran, kami persilahkan.

Demikian pembacaan ayat suci Alquran, kami ucapkan terima kasih banyak semoga pesan-pesan yang disampaikan bisa memberikan banyak manfaat untuk kedua mempelai dan bagi kita semua yang mendengarkannya.

Khutbah nikah

Contoh teks MC akad nikah untuk mempersilahkan penyampaian khutbah nikah:

Acara berikutnya yaitu acara ke-3 penyampaian khutbah pernikahan dan kali ini akan disampaikan oleh Ustad Pebri. Semoga pesan-pesan yang beliau sampaikan bisa bermanfaat untuk kedua mempelai wanita dan kita semua.

Kepada Ustadz Pebri, dipersilakan.

Kami ucapkan terima kasih kepada Ustadz Pebri atas segala nasihat dan juga waktunya.

Ijab qobul

Berikut ini puncak acara yaitu Ijab Kabul, teks MC akad nikah ketika Ijab Kabul sebagai berikut:

Hadirin yang saya hormati, kali ini kita sudah memasuki acara inti yaitu ijab qobul pada pernikahan hari ini.

Ijab kabul antara kedua mempelai yang akan dilaksanakan oleh Bapak Deni Margono selaku penghulu, pak Deni kami persilahkan.

Rangkaian acara ini tidak hanya pengucapan ijab kabul saja tetapi juga ada tahapan lainnya seperti:

  • Pembacaan doa akad nikah

Doa akad nikah dilakukan oleh penghulu dan berisi tentang permohonan agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala melimpahkan keberkahan dan kebaikan pernikahan untuk kedua mempelai.

  • Penandatanganan buku nikah

Buku nikah menjadi dokumen penting yang menyatakan pasangan tersebut sudah sah menikah secara hukum dan agama.

  • Serah terima mahar

Serah terima mahar dilakukan secara simbolis dari pihak suami ke pihak istri berapa perangkat alat sholat atau mahar lainnya yang sudah dijanjikan sebelumnya.

  • Tukar cincin

Momen yang ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai.

  • Nasehat pernikahan

Biasanya berisi hak dan kewajiban antara suami dan istri termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh keduanya.

Perlu anda ketahui bahwa rangkaian acara dalam pernikahan tidak selalu sama seperti teks yang sudah dijelaskan di atas, ada juga MC akad nikah yang sudah dibuat oleh mempelai jadi pihak MC hanya tinggal mengikuti saja.

Demikian acara ijab qobul kedua mempelai dengan lancar tanpa halangan apapun, semoga keduanya diberkahi atas pernikahan yang penuh keberkahan hingga maut memisahkan.

Dan semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menganugerahkan keturunan yang sholeh dan sholehah berbakti kepada kedua orangtuanya dan bermanfaat bagi banyak orang. Amin ya robbal alamin.

2. Doa dan penutup

Rangkaian acara terakhir adalah doa dan penutup dalam teks MC akad nikah sebagai berikut:

Para tamu undangan yang saya hormati, tibalah kita acara terakhir pada hari ini yaitu doa dan penutup. Sebelum mengakhiri rangkaian acara pada hari ini, kita panjatkan doa untuk kedua mempelai pengantin agar bisa membina rumah tangga dengan penuh berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Doa akan dipimpin oleh Ustadz, kami persilahkan.

Alhamdulillahirobbilalamin, demikian pembacaan doa oleh Ustad kepada bapak Ustad kami ucapkan terima kasih.

Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan, kita sudah sampai di akhir rangkaian acara pernikahan pada hari ini yang berjalan dengan lancar. Mari kita ucapkan bersama-sama Hamdalah sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah dan junjungan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Alhamdulillahirobbilalamin

Kesempurnaan hanya milik Allah dan segala kekurangan adalah milik hamba-Nya, untuk itu saya, Kamilatunnisa selaku pembawa acara pada hari ini banyak mengucapkan maaf jika ada kata-kata dan perilaku yang tidak berkenan.

Ucapan terima kasih Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga : Sejarah Peristiwa Rengasdengklok Singkat Update Terbaru 2022

Kesimpulan

Sekian contoh teks MC akad nikah yang sudah kami jelaskan di atas semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar