Secara Umum Kemasan Memiliki Fungsi, Kecuali?

Secara Umum Kemasan Memiliki Fungsi, Kecuali? – Artikel pembahasan kali ini akan membahas tentang secara umum kemasan memiliki fungsi kecuali.

Kemasan merupakan bentuk dari desain kreatif digunakan untuk mengemas suatu produk agar bentuknya semakin indah dan menarik para pelanggan.

Desain kreatif di dalam penciptaan kemasan banyak memerlukan pengaturan dari mulai bentuk, struktur, warna, material, citra, hingga tipografi sebagai elemen pembentuk desain yang bagus.

Berbagai elemen tersebut dalam desain kreatif kemasan memberikan banyak informasi mengenai produk sehingga produk yang ditawarkan bisa laku di pasaran.

Kemasan juga digunakan untuk melakukan pembungkusan, perlindungan terhadap produk, dan pengiriman juga penyimpanan serta pembeda dan melakukan pendiversifikasian produk yang ada di pasaran.

Secara umum kemasan memiliki fungsi kecuali

Berikut ini fungsi kemasan yang harus anda ketahui.

  • Sebagai media promosi dan pemasaran dari suatu produk atau jasa, untuk itu, kemasan harus memiliki pengaruh positif keputusan konsumen mulai dari pemilihan desain, warna, simbol, komposisi, logo, manfaat, serta keunggulan yang bisa mempengaruhi keputusan pembeli.
  • Menjaga keamanan produk dan legalitasnya.
  • Meningkatkan efisiensi produk untuk dipasarkan di pasaran sehingga kemasan sangat disarankan didesain dengan masakan yang efisien untuk pemindahan produk baik ketika diangkat, dipindahkan, dihitung, maupun disimpan agar tidak menghambat pendistribusian, tetapi kemasan juga harus menjamin kualitas dan keamanan produk sehingga produk yang ada di dalamnya tidak rusak dan siap digunakan atau dikonsumsi oleh para konsumen.
  • Memberikan perlindungan terhadap produk yang ada di dalamnya.
  • Mencerminkan brand image kepada para pelanggan dan calon pembeli.
  • Pembeda antara produk yang satu dengan yang lainnya.
  • Sebagai identitas dari suatu produk menyangkut ukuran warna dan bentuk khusus dari kemasan yang ada di setiap produk identifikasikan atau dibedakan masing-masing produk dengan produk pesaing lainnya.
  • Mengawetkan produk, kemasan juga berfungsi melindungi produk dari sinar ultraviolet, kelembaban udara, panas, dan kontaminasi dari kotoran hingga mikroba yang bisa merusak dan menurunkan kualitas mutu produk.

Pengertian kemasan produk

Kemasan suatu produk secara umum berarti wadah atau pembungkus yang memiliki fungsi mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kerusakan dari produk yang dikemas di dalamnya.

Kemasan produk juga berarti material pembungkus produk yang berfungsi untuk melindungi, mengidentifikasi, menampung, dan mempromosikan produk.

Bukan hanya itu, kemasan juga berfungsi sebagai alat pemasaran yang membangun identitas merek suatu produk sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Beli Ikan Asin Segala Jenis yg Grosiran Tahun 2022

Pengertian pengemasan

Secara Umum Kemasan Memiliki Fungsi, Kecuali?

Pengemasan suatu produk artinya sistem yang telah terkoordinasi dalam hal menyiapkan barang untuk disalurkan, logistik, pergudangan, pengguna akhir hingga penjualan.

Pengemasan pakan bentuk kegiatan untuk membeli wadah atau membungkus suatu produk di dalamnya.

Dalam proses pengemasan terdapat kegiatan melindungi, mengawetkan, mengangkut, memindahkan, mendistribusikan, memberikan informasi, dan menjual produk.

Oleh karena itu, secara umum kemasan memiliki fungsi kecuali sebagai media penarik minat pelanggan saja, tujuan utamanya adalah melindungi dan mencegah adanya kerusakan terhadap produk yang akan dijual.

Kemasan juga berfungsi sebagai sarana informasi dan pemasaran tentang suatu produk di dalam desain kemasan yang kreatif sehingga menarik banyak konsumen dan pelanggan karena menarik dan mudah diingat.

Pengertian kemasan produk menurut para ahli

 Philip kotler dan Gary Armstrong

Kemasan produk merupakan salah satu kegiatan yang didalamnya terdapat desain dan produk sehingga kemasan yang membungkus produk dapat berfungsi dengan baik karena produknya terlindungi.

Rodriguez

Produk merupakan wadah yang bisa mengubah kondisi bahan pangan tambah senyawa aktif sehingga bahan pangan tersebut bisa lebih panjang umurnya untuk dikonsumsi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kemasan produk merupakan bungkus pelindung yang ada pada suatu produk barang yang berasal dari hasil aktivitas pengemasan.

Fungsi kemasan produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemasan memiliki fungsi kecuali hal-hal yang tidak disebutkan dari poin di bawah ini.

1. Fungsi protektif kemasan

Fungsi ini adalah sebagai pelindung produk agar tidak merusak produk yang ada di dalamnya seperti karena adanya pengaruh proses pengiriman, cuaca, dan lain-lain.

Kemasan dengan fungsi protektif mampu mencegah dan meminimalisir adanya kerusakan serta resiko cacat dari produk yang merugikan pihak pembeli maupun penjual.

2. Fungsi promosional kemasan

Fungsi ini dijadikan sebagai alat promosi atau pemasaran dengan membuat kemasan yang menarik dan mudah diingat oleh para pelanggan.

3. Fungsi publikasi merek

Kemasan bisa digunakan sebagai ajang komunikasi ide serta konsep pemasaran untuk para konsumen.

Misalnya publikasi merek toko pakaian tas jasa transportasi dan lain-lain yang memanfaatkan waktu penerbitan yang tepat dan menggunakan desain yang menarik, pemilihan warna, logo, dan simbol yang juga menarik minat para pembeli sebagai media promosi.

4. Self service

Kemasan produk juga berfungsi sebagai penegas ciri khas dari suatu produk yang akan dijual ataupun ditawarkan sehingga produk yang ada di pasaran memiliki bentuk kemasan yang berbeda-beda.

5. Consumer affluence

Fungsi kemasan produk yang satu ini bisa menarik konsumen dengan mempengaruhi minat membeli dengan harga yang lebih mahal hanya karena kemasan produknya didesain baik daripada produk pesaing lainnya.

6. Innovation opportunity

Saat ini sudah banyak kemasan produk yang didesain kreatif dan inovatif mungkin sehingga memberikan banyak manfaat untuk para konsumen dan mampu menguntungkan perusahaan yang menawarkan produk tersebut.

Manfaat kemasan produk dan tujuan pembuatannya

1. Physical Production

Pembuatan kemasan produk bertujuan untuk melindungi produk dari pengaruh cuaca, iklim, getaran, guncangan,, tekanan, dan faktor lainnya yang berpotensi merusak produk.

2. Containment of agglomeration

Kemasan produk bertujuan mengelompokkan produk sehingga proses penanganan dan penyalurannya akan jauh lebih mudah dan efisien.

3. Barrier protection

Pengemasan produk bertujuan melindungi produk dari hambatan atas air, uap, debu, dan kotoran lainnya.

4. Information transmission

Kemasan umumnya mencantumkan cara penggunaan transportasi, daur ulang kemasan,  dan cara membuang kemasan.

5. Convenience

Kemasan berfungsi meningkatkan kenyamanan, penanganan, distribusi, penjualan, pembukaan, tampilan, penutup, penggunaan, dan lain-lain dalam rangka penyaluran barang.

6. Reducing theft

Adanya pengemasan produk juga bertujuan mencegah tindak pencurian lewat kerusakan fisik yang ada pada kemasan produk.

7. Marketing

Penggunaan desain dan label yang menarik di dalam pengemasan juga bisa akan oleh pihak pemasaran demi meningkatkan minat pembeli dan ikut memberikan keputusan kepada para pembeli untuk membeli barang dengan desain kemasan yang perusahaan anda buat.

Jenis kemasan produk

Terdapat tiga kategori dari jenis kemasan produk yang harus anda ketahui.

1. Berdasarkan struktur isi

  • Kemasan primer

Bahan yang diolah menjadi wadah langsung seperti bahan makanan, contohnya kaleng susu atau botol minuman.

  • Kemasan sekunder

Wadah yang memiliki fungsi memberikan perlindungan kepada kelompok kemasan lain seperti kotak kardus dan kotak peti kayu.

  • Kemasan tersier

Wadah atau kemasan yang digunakan untuk melindungi produk selama proses pengiriman berlangsung, jadi bisa disebut kemasan tersier ini bukan kemasan asli dari produknya melainkan hanya kemasan pendukung ketika proses pengiriman saja.

2. Berdasarkan frekuensi pemakaian

  • Kemasan disposable

Kemasan produk yang hanya digunakan satu kali pakai dan langsung dibuang seperti kemasan plastik ataupun kemasan daun pisang makanan.

  • Kemasan multi trip

Kemasan ini bisa digunakan berkali-kali oleh para konsumen dan bisa juga dikembalikan ke agen penjual untuk digunakan kembali, misalnya galon air minum atau botol kaca saos.

  • Kemasan semi disposable

Kemasan ini tidak langsung dibuang karena bisa digunakan kembali oleh konsumen contohnya kaleng biskuit atau botol kaca sirup minuman.

3. Berdasarkan tingkat kesiapan pemakaian

  • Kemasan siap pakai

Kemasan produk yang siap diisi dan wujudnya sudah sempurna dari pertama kali diproduksi misalnya botol ataupun kaleng.

  • Kemasan siap dirakit

Kemasan jenis ini adalah kemasan yang perlu dirakit ulang kembali sebelum diisi dengan produk di dalamnya, contohnya kardus, plastik, kertas kemas, atau aluminium foil.

Baca Juga : Urutan Pangkat Polisi di Indonesia Terbaru 2022

Kesimpulan

Itu dia sedikit penjelasan mengenai secara umum kemasan memiliki fungsi kecuali yang bisa kami sampaikan di dalam penjelasan artikel kali ini.

Semoga memberikan banyak manfaat dari penjelasan artikel secara umum kemasan memiliki fungsi kecuali.

Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar