9 Ragam Makanan Khas Sunda Yang patut dicoba

9 Ragam Makanan Khas Sunda Yang patut dicoba – Artikel kali ini akan menjelaskan tentang beragam makanan khas Sunda yang enak dan nikmat.

Ada banyak restoran yang menyajikan makanan khas Sunda yang legendaris, rasanya nikmat dengan harga yang terjangkau.

Tetapi masih banyak dari kita yang belum tahu makanan khas Sunda lainnya yang tidak kalah enak untuk dicoba.

Anda berkunjung ke daerah Jawa Barat seperti Bekasi, Bandung, atau Karawang, anda harus mencoba beberapa makanan khas Sunda yang pasti membuat anda ketagihan.

Berikut ini beberapa makanan khas Sunda yang harus anda coba.

Ragam makanan khas Sunda yang patut dicoba

Tanah Pasundan memang selalu menarik untuk diulas karena kekayaan budaya dan keindahan alamnya membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Salah satu daya pikat dari tanah Pasundan yaitu makanan khas Sunda yang rasanya tidak pernah mengecewakan dan pasti membuat ketagihan.

Terdapat beberapa makanan dari tanah sunda yang terkenal hingga seluruh penjuru negeri bahkan sampai ke luar negeri juga.

Ciri khas makanan sunda

9 Ragam Makanan Khas Sunda Yang patut dicoba

Makanan dari Jawa Barat ini cocok di lidah orang Indonesia yang suka membuat masakannya dengan rempah-rempah kuat dan rasa yang tajam.

Berikut ini beberapa ciri khas yang paling menonjol dalam makanan khas Sunda, diantaranya:

1. Menggunakan sayur-sayuran segar

Makanan khas Sunda selalu menggunakan bahan baku segar karena wilayah Jawa Barat memang memiliki iklim dingin dan dikelilingi beberapa pegunungan.

Kondisi geografis ini membuat pembagian daerah di wilayah Jawa Barat banyak menghasilkan sayuran segar dan berkualitas.

Hal ini mempengaruhi kebiasaan makanan masyarakat Sunda yang senang makan sayur segar sayur mentah sebagai lalapan.

Uniknya, hal ini malah membuat makanan khas Sunda menjadi terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat di wilayah lain selain Jawa Barat.

2. Cenderung memiliki cita rasa pedas

Makanan khas Sunda rasa pedas ondol seperti seblak.

Ada juga makanan berupa cemilan pedas di daerah Sunda yang banyak memiliki varian sambal misalnya sambal kacang, sambal terasi, sambal goang, sambal ijo, sambal kecombrang, sambal cibiuk, dan varian sambal lainnya yang menjadi favorit siapa saja.

Maka tidak heran jika banyak makanan dari tanah sunda yang memiliki cita rasa pedas karena selera masyarakat Sunda memang menyukai makanan dengan cita rasa pedas yang menggugah selera.

3. Rasanya ringan dan sederhana

Ciri khas makanan Sunda selanjutnya yaitu memiliki cita rasa ringan dan sederhana dari rempah-rempah yang beragam.

Rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan makanan khas Sunda memiliki aroma rempah yang kuat dan ketika disantap akan timbul rasa ketagihan.

Baca Juga : 1001 Contoh Kalimat Plat Nomor Dalam Bahasa Inggris

4. Penyajiannya sederhana

Selain rasanya yang ringan dan sederhana, cara penyajian makanan khas Sunda juga sederhana, tidak memerlukan penyajian yang mewah seperti makanan kekinian.

Makanan khas Sunda cukup disajikan dengan menggunakan daun pisang yang menambah aroma makanan menjadi lebih wangi.

Masyarakat Sunda juga terkenal dengan istilah botram atau ngariung atau makan bersama-sama dengan penyajian diatas daun pisang panjang tanpa piring.

Biasanya penyajian sederhana seperti ini dilakukan oleh keluarga saat acara syukuran dan dinikmati beramai-ramai dengan keluarga atau kerabat dekat.

5. Bahan makanannya tidak sulit didapat

Meskipun ada begitu banyak macam bumbu beragam yang digunakan dalam makanan khas Sunda.

Semua bahannya baik mulai dari sayur-sayuran, ikan, hingga rempahnya di pasaran atau di lingkungan sekitar kita.

Misalnya bahan sayuran untuk sayur asem atau ikan goreng atau makanan keong dengan campuran rempah yang bisa anda temukan di pasaran.

Makanan khas Sunda

1. Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom terdiri dari dua bahan utama yaitu nasi dan oncom.

Cara membuatnya cukup mudah hanya dengan mencampurkan nasi putih dengan oncom yang sudah digoreng, kemudian ditutuk atau ditumbuk hingga keduanya tercampur rata.

Penyajian makanan unik yang satu ini biasanya dicampur kan dengan lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng, lalapan, ayam goreng, dan yang tidak boleh ketinggalan yang pastinya sambal terasi.

Jangan lupa sajikan hidangan Ini selagi masih hangat.

2. Nasi Timbel

Masih termasuk ke dalam kelompok makanan khas Sunda yang berat, nasi Timbel banyak dijumpai di warung makan Sunda yang dikemas dengan menggunakan daun pisang sehingga nasinya semakin beraroma lezat, wangi, dan menggiurkan.

Biasanya nasi timbel disajikan dengan lauk pauk pendamping seperti ikan pepesz ayam goreng, tahu goreng, empal, ikan asin, ikan japuh, lalapan dan sambal.

3. Kupat tahu

Kupat tahu juga termasuk makanan khas Sunda yang tergolong berat karena menggunakan kupat atau ketupat yang terbuat dari beras yang direbus di daun kelapa.

Kupat tahu disajikan dengan ditambah tahu goreng, toge, dan siraman bumbu kacang.

4. Bakakak ayam

Banyak orang yang tidak mengetahui makanan yang satu ini padahal rasanya sangat enak.

Bakakak ayam terbuat dari bahan dasar ayam yang dibumbui bumbu-bumbu khusus kemudian dibakar sangat cocok dijadikan sebagai lauk santapan ditemani lalapan dan sambal.

5. Mie kocok

Mie kocok terbuat dari bahan dasar mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi, beberapa sayuran seperti toge dan daun seledri, dengan tambahan topping bakso kikil daun bawang dan bawang goreng.

Nama mie kocok diambil dari cara memasaknya yang unik yaitu dengan mengocok mie di tempat khusus kemudian mencelupkannya kembali ke air mendidih hingga matang.

6. Empal gepuk

Untuk anda para pecinta empal pasti pernah mencoba makanan yang satu ini.

Empal gepuk sangat cocok dimakan dengan nasi hangat karena cara memasaknyapun meningkatkan selera makan goreng dan dinikmati bersama sambal khas sunda.

7. Soto bandung

Soto bandung isi irisan daging sapi atau tetelan yang disiram dengan kuah kaya rempah.

Soto bandung terdiri dari jahe, serai, gulai, lengkuas, bawang goreng, lada, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya sehingga rasanya bersatu padu dan pastinya enak luar biasa.

Soto bandung juga dilengkapi dengan sayuran seperti bawang goreng, seledri, lobak, dan kacang kedelai.

8. Lotek

Makanan khas Sunda selanjutnya yaitu lotek yang terbuat dari sayur-sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kol, dan kangkung yang direbus lalu di atasnya disiram bumbu kacang citarasa yang semakin nikmat dan lezat.

9. Sate maranggi

Sate maranggi termasuk salah satu makanan khas Sunda yang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Sate maranggi memiliki banyak ragam varian mulai dari sate ayam, sate jamur, sate kambing, sate usus, sate sapi, dan jenis sate lainnya.

Tempat makan sate maranggi yang paling terkenal yaitu di daerah Purwakarta dan Cianjur.

Yang membedakan antara sate maranggi dengan sate lainnya adalah bahan dasarnya terbuat dari daging sapi atau daging kambing, selain itu, cara memasaknya juga sedikit berbeda.

Cara memasak sate maranggi dengan memarinasi atau membumbui dagingnya terlebih dahulu hingga benar-benar meresap, baru setelah itu dibakar di atas bara api.

Sate maranggi sangat cocok untuk makan dengan nasi putih yang masih hangat atau lontong atau nasi timbel.

Baca Juga : Harga Trampolin Anak Update Terbaru 2022

Kesimpulan

Sekian penjelasan makanan khas Sunda yang bisa kami sampaikan kali ini.

Semoga artikel ini bisa menambah daftar makanan khas Sunda yang ingin anda coba.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel makanan khas Sunda kali ini dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel bermanfaat selanjutnya.

Tinggalkan komentar