Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar

Artikel kali ini akan membahas tentang cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang benar dan tepat sesuai dengan kaidah yang ada.

Seperti yang kita ketahui bahwa menguasai keterampilan berbahasa Inggris juga perlu memahami cara penulisannya bukan hanya cara pengucapannya saja.

Hal seperti ini tentu saja akan berguna untuk anda di masa yang akan datang, semakin sering anda menulis sebuah jurnal dalam bahasa Inggris atau berita, maka semakin baik pula penulisan dalam bahasa Inggris anda.

Pengucapan dan penulisan tanggal dalam bahasa inggris memiliki format yang jauh berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia.

Agar anda bisa mahir penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang benar dan tepat untuk memudahkan penulisan dokumen formal, ada perlu menyimak pembahasan artikel di bawah ini.

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris jauh berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia.

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris umumnya dibedakan berdasarkan kebutuhan formalitas dokumen yang anda butuhkan.

Sangat penting untuk kita mengetahui cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang baik dan benar karena hal tersebut dilakukan agar tidak keliru ketika penulisan tanggal dalam bahasa inggris dengan baik dan benar sesuai format dokumen formal atau non formal.

American dan British English memiliki aturan penulisan tanggal dalam bahasa inggris dengan format yang berbeda.

Ada beberapa bahasa yang memiliki format penulisan tanggal yang cukup sulit dan rumit untuk dipahami, bahasa-bahasa ini memiliki format penulisan tanggal yang berbeda misalnya penulisan tanggal dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Yunani.

Untuk menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris terdiri dari dua versi yaitu versi Amerika dan versi British.

Namun, kedua versi ini sama-sama sering digunakan tergantung preferensi dan kondisi penggunaan tanggal yang anda butuhkan.

Jenis penanggalan internasional

Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar

Jenis penanggalan internasional dalam bahasa Inggris terdiri dari dua jenis seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu:

1. British version

Tanggal-bulan-tahun

2. American version

Bulan-tanggal-tahun

Kedua versi diatas memiliki perbedaan yang sangat menonjol, terutama perbedaan yang terlihat pada urutannya.

Dimana versi penulisan tanggal British memiliki urutan yang sama seperti penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia, sedangkan versi American memiliki urutan penulisan tanggal yang urutannya terbalik antara bulan dan tanggalnya.

Ketika anda menuliskan penulisan tanggal dalam bahasa inggris, kadang ada juga yang menggunakan urutan ordinal, padahal urutan ini bukan kewajiban.

Menggunakan urutan koordinat biasanya kan ditambahi dengan penambahan -th setelah penulisan tanggal, tetapi terdapat pengecualian, diantaranya:

  • Untuk angka 1 yaitu menggunakan tambahan -st.
  • Untuk angka 2 yaitu menggunakan tambahan -nd.
  • Untuk angka 3 yaitu menggunakan tambahan -rd.

Contohnya 1st, 2nd, 13rd, 21st, 12nd, dan seterusnya.

Baca Juga : Bahasa Inggrisnya Ungu : 1001 Warna Dalam Bahasa Inggris

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris secara internasional juga perlu adanya penyesuaian dengan pemakainya.

Misalnya jika digunakan untuk acara resmi, penulisan tanggal dalam bahasa inggris harus dengan format formal, begitu juga sebaliknya.

Jika hanya berupa memo, anda bisa menggunakan format non formal.

Mengenal penanggalan dengan angka ordinal

Pada penulisan tanggal dalam bahasa inggris ada juga yang namanya penanggalan dengan menggunakan angka ordinal, angka ini dituliskan berdasarkan ukurannya.

Penulisan

1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th,… 11th, 12th, 13th, 14th, 15th, 16th, 17th,… 21st, 22nd, 23rd, 24th, 25th, 26th,… 30th.

Penyebutan

First, second, third, fourth, fifth,… eleventh, twelfth, thirteenth, fifteenth, sixteenth, seventeenth,… twenty first, twenty second, twenty third, twenty fourth, twenty fifth, twenty sixth,… thirtieth.

Penyebutan tanggal, hari, dan bulan

Penyebutan tanggal dalam bahasa Inggris juga memerlukan penulisan atas tanggal, hari, dan bulan. Berikut beberapa contohnya:

  • 1(st) January = The First of January
  • January 1(st) = January First

Penyebutan angka ribuan pada tahun

Ada perbedaan penyebutan angka di dalam penyebutan angka ribuan biasa dengan penyebutan angka pada tahun. Berikut contohnya:

  • 1998 (penyebutan angka biasa) = one thousand nine hundred and ninety eight.
  • 1998 (penyebutan tahun) = nineteen ninety eight.

Perlu anda ketahui bahwa sebelum tahun 2000 cara penyebutannya dibaca dua angka di awal terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dua angka terakhir dibelakangnya seperti yang sudah dicontohkan di atas.

Untuk tahun setelah tahun 2000, cara membacanya mulai dari ribuan seperti pada umumnya baru kemudian bisa diurutkan seperti membaca angka ribuan yang biasa diucapkan, misalnya 2010 dibaca two thousand and ten.

American Style

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris dengan menggunakan versi American Style menggunakan format bulan-tanggal-tahun (MM-DD-YYYY).

Jika anda ingin menyebutkan hari, anda bisa meletakkan hari di depan sebelum urutan bulan, contohnya:

  • January 1, 2021
  • Sunday, February 2, 2020
  • March 3, 2020
  • Monday, April 4, 2022
  • May 5th, 2019
  • Tuesday, June 6th, 2018

Pada penggunaan angka ordinal di American Style sebenarnya tidak begitu jadi masalah, ini maksudnya angka bisa digunakan juga bisa tidak digunakan karena native speaker Amerika juga jarang menggunakan angka ordinal tersebut.

Tetapi disarankan jika anda ingin berkomunikasi dengan native speaker dari Amerika, sebaiknya anda menggunakan angka nominal saja pada penulisan tanggal dalam bahasa inggris.

British style

Style merupakan akar dari segala aksen bahasa Inggris yang ada di seluruh dunia, hal ini tentu saja menjadikan penulisan tanggal dalam bahasa inggris dengan British style jauh lebih bervariasi dan klasik daripada American style.

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris British style memiliki format tanggal-bulan-tahun (DD-MM-YYYY).

Jika anda ingin menambahkan hari, anda bisa meletakkan hari di depan tanggal.

Di dalam British style, biasanya jarang menggunakan tanda baca koma pada penanggalan mereka yang tentu saja hal ini berbeda dengan American style, sebagai contoh:

  • 7 July 2017
  • 8th August 2016
  • Wed 9th of September 2015
  • Thursday, the 10th of October 2014

Dari contoh yang sudah dijelaskan di atas, letak perbedaannya yaitu pada penggunaan kata “the” dan “of”.

British style memang menggunakan penggunaan angka ordinal dan nominal, sedangkan American Style, jika anda menggunakan angka ordinal dianggap lebih sopan dan lebih formal.

Baca Juga : Verb 123 Dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan

Itu dia dua versi penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang perlu anda ketahui.

Apakah anda sudah memahami cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris sesuai dengan kriteria versi yang anda sukai?

Semoga penjelasan cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris di atas memudahkan anda untuk mempelajari dan memahami cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris dan sesuai dengan kebutuhan format penulisan dokumen anda.

Terima kasih sudah membaca artikel cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris hari ini dan sampai jumpa lagi di artikel pembahasan selanjutnya.