Pengertian Bauran Pemasaran untuk Bisnis

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian bauran pemasaran untuk bisnis.

Apa itu pengertian bauran pemasaran?

Istilah ini merupakan istilah yang kenal dalam dunia bisnis sehingga tidak semua orang pernah mendengarnya kecuali mereka yang memang bekerja bersentuhan langsung dengan dunia bisnis.

Tetapi, jika anda ingin meningkatkan angka penjualan anda, anda perlu mengetahui pengertian bauran pemasaran.

Tidak ada salahnya untuk mempelajari konsep dari pengertian bauran pemasaran yang dikenal juga dengan istilah mix marketing dalam dunia bisnis.

Pengertian bauran pemasaran

Pengertian bauran pemasaran adalah konsep di dalam dunia bisnis khususnya bidang pemasaran yang digunakan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan angka penjualan suatu perusahaan atau bisnis yang sedang dikembangkan.

Pengertian bauran pemasaran juga dikembangkan sebagai Manajemen Pemasaran modern dengan proses penggabungan berbagai macam komponen berbeda dalam satu kegiatan pemasaran.

Pengertian bauran pemasaran tersebut sedikit banyaknya menjelaskan bahwa bauran pemasaran merupakan serangkaian variabel pemasaran yang dikuasai oleh perusahaan dan berfungsi untuk mencapai tujuan target pemasaran.

Pengertian bauran pemasaran juga bisa diartikan sebagai penggabungan beberapa komponen pemasaran berbeda dan digunakan dalam satu konsep yang sama untuk memastikan keberhasilan pemasaran untuk peningkatan penjualan.

Di dalam pengertian bauran pemasaran, terdapat komponen yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku usaha agar tujuan strategi pemasarannya bisa tercapai dengan cara yang efisien dan efektif.

Baca Juga : Sejarah Bahasa Indonesia Secara Singkat

Komponen bauran pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran untuk Bisnis

1. Produk yang akan dipasarkan

Apapun bentuk kegiatan pemasarannya dan dilakukan dengan metode apapun, para pelaku usaha harus terlebih dahulu memiliki produk yang akan dijual atau dipasarkan.

Produk menjadi salah satu komponen utama yang paling penting dan harus ada di setiap kegiatan bauran pemasaran karena dengan adanya produk sebagai komponen bauran pemasaran, para pelaku usaha bisa memiliki dasar penyusunan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Termasuk untuk para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa di mana jasa yang mereka tawarkan akan menjadi produk perusahaan.

Jasa yang ditawarkan sama seperti produk berbentuk barang strategi pemasaran jasa tentu saja akan berbeda dengan menyesuaikan jasa apa yang anda tawarkan.

2. Harga produk atau jasa yang ditawarkan

Dalam pengertian bauran pemasaran, ada juga komponen bauran pemasaran seperti harga dari produk atau jasa yang dipasarkan.

Komponen ini sama pentingnya seperti produk karena harga menentukan strategi pemasaran apa yang paling baik untuk dilakukan.

Setiap pelaku usaha memahami cara menetapkan harga jual produk atau jasa dengan menghitung biaya produksi, tetapi di dalam strategi pemasaran penetapan harga yang ditetapkan sepenuhnya terbatas hanya pada biaya produksi saja tanpa ada penambahan biaya lainnya sebagai keuntungan.

Produk atau jasa yang dipasarkan dapat dipatok dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada biaya produksi, jika produk atau jasa tersebut memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa serupa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan lain.

Penetapan harga harus sesuai dengan setiap aspek perkembangan dalam penyusunan strategi pemasaran.

Misalnya dalam konsep bauran pemasaran, penetapan harga akan diputuskan dengan pertimbangan komponen lainnya sehingga kegiatan pemasaran bisa dilakukan secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan.

3. Promosi produk dengan menambahkan informasi pada kemasan

Komponen bauran pemasaran selanjutnya yaitu promosi sebagai komponen terpisah dan dijadikan sebagai kegiatan utama dalam strategi pemasaran.

Sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu pihak perusahaan akan disajikan kepada para calon pembeli yang memiliki minat beli yang tinggi dan berpotensi sebagai pelanggan.

Maka tidak heran jika kegiatan promosi menjadi kegiatan yang sangat penting dalam strategi pemasaran termasuk di dalam konsep bauran pemasaran.

Untuk hasil pemasaran yang maksimal dan mendorong angka penjualan, promosi harus dilakukan dengan strategi yang tepat dan mempertimbangkan setiap komponen lainnya di dalam bauran pemasaran.

Para pelaku usaha yang menjalankan bauran pemasaran perlu mengetahui apa yang perlu ditawarkan di setiap kegiatan promosi agar pelanggan potensial bisa lebih tertarik melakukan pembelian.

Ada banyak bentuk promosi yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha yang mana mereka perlu mempertimbangkan kembali apa yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang mereka hadapi.

Kegiatan promosi tentu saja membutuhkan biaya, untuk itu, para pelaku usaha harus menetapkan strategi promosi yang paling sesuai terlebih dahulu tentang bagaimana mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang minimal.

Jika para pelaku usaha tidak memahami strategi promosi apa yang akan mereka lakukan, akan sulit bagi para pelaku usaha memperoleh pencapaian promosi yang mereka inginkan.

Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, anda harus melakukan kegiatan promosi yang memiliki hubungan terhadap penjualan produk, perhatikan juga komponen bauran pemasaran yang lain.

4. Tempat pemasaran produk dilakukan

Di dalam pengertian bauran pemasaran selanjutnya komponen di dalam bauran pemasaran adalah tempat yang paling strategis untuk melakukan pemasaran.

Komponen ini menentukan distribusi produk atau jasa yang ditawarkan agar dapat dijangkau oleh publik di pasaran.

Jika anda tidak menentukan tempat yang tepat dan strategis, usaha yang anda lakukan bisa saja menjadi sia-sia.

Mulai dari komponen produk, harga, dan promosi harus dipikirkan matang-matang dengan tetap mempertimbangkan tempat atau media pemasaran yang tepat sebagai kegiatan pemasaran.

Anda perlu menentukan terlebih dahulu produk atau jasa apa yang akan ditawarkan, perhatikan juga situasi pasar tersebut termasuk bagian yang sangat krusial dan harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha.

Distribusi ini di dalam strategi bauran pemasaran untuk memastikan kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan tepat dan dijalankan secara optimal.

Anda harus selalu mengingat bahwa tujuan dari berbisnis adalah mencari keuntungan sehingga setiap langkah yang anda ambil juga harus bermuara pada pencapaian keuntungan tersebut.

Pastikan setiap rantai distribusi yang ada di dalam proses produksi maupun promosi saling berkaitan satu sama lain agar ketika dilakukan kegiatan pemasaran bisa dijalankan dengan tepat sehingga anda dapat langsung menikmati keuntungan yang didapatkan dari menjual produk ataupun jasa.

Kegagalan dalam memasarkan produk atau jasa yang ada di pasaran akan berakibat fatal bagi bisnis anda, terlebih jika kegiatan pemasaran yang anda lakukan memakan banyak biaya.

Semakin strategis tempat usaha yang anda pilih, maka semakin tinggi juga tingkat kesuksesan pemasaran yang anda lakukan.

Cari tempat atau media usaha yang efektif dan efisien untuk menghasilkan keuntungan bisnis.

Manfaat menyusun strategi di dalam bauran pemasaran

Pengertian bauran pemasaran dikenal juga sebagai sebuah konsep yang penerapannya berada di tangan para pelaku usaha.

Sebenarnya memang tidak ada aturan wajib yang mengharuskan para pelaku usaha untuk menyusun strategi pemasaran terlebih dahulu berdasarkan bauran komponen pemasaran.

Tetapi bagi anda para pelaku usaha yang memiliki tujuan memperoleh keuntungan bisnis setiap pemasaran yang dilakukan, strategi bauran pemasaran bisa anda coba karena manfaatnya cukup banyak memberikan manfaat yang signifikan terhadap perkembangan bisnis anda.

Berikut ini manfaat menyusun strategi saluran pemasaran, diantaranya:

1. Pastikan pemasaran dilakukan dengan terarah

Hal ini bertujuan untuk menentukan kesesuaian kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan kebutuhan pasar sebagai targetnya.

Jika anda melakukan kesesuaian tersebut, anda bisa memperkirakan kegiatan pemasaran apa yang paling cocok dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Strategi pemasaran yang disusun berdasarkan bauran pemasaran juga bisa terpetakan secara jelas sehingga tidak ada aktivitas pemasaran lainnya yang sia-sia karena tidak ada konversi atau hubungan dari kegiatan peningkatan penjualan.

Pagi ini juga bisa potensi profit yang akan anda dapatkan jadikan sebagai acuan penyusunan strategi pemasaran selanjutnya karena kegiatan pemasaran ini dilakukan secara efektif, efisien, dan terarah.

2. Bahan bakar untuk meyakinkan para investor

Untuk anda pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha anda menjadi lebih besar lagi, anda perlu suntikan modal karena usaha tidak bisa dilakukan tanpa adanya modal yang cukup.

Untuk itu, perlu adanya campur tangan investor pengembangan bisnis dapat terus berjalan sesuai dengan rencana awal.

Strategi pemasaran yang sudah disusun berdasarkan bauran pemasaran akan lebih memiliki gambaran jelas terkait aktivitas pemasaran dan rangkaian aktivitas pemasaran yang akan anda lakukan.

Gambaran ini dilakukan untuk meyakinkan para investor menyuntikkan tambahan modal usaha karena pada dasarnya kegiatan bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Setiap langkah yang Anda ambil memerlukan justifikasi bisnis yang meyakinkan di mana harus ada penjabaran bauran pemasaran dalam strategi bisnis untuk mempermudah para pelaku usaha memproyeksikan strategi pemasaran apa yang akan anda lakukan.

Para investor bisa melihat bagaimana cara bisnis yang anda lakukan jalan berdasarkan perhitungan proyeksi konversi dari setiap kegiatan pemasaran yang dilakukan ketika melakukan penjualan.

Tidak ada investor yang mau begitu saja meminjamkan modal usaha tanpa adanya timbal balik bisnis yang sesuai dengan modal yang mereka tanamkan.

Karena tidak semua bisnis mampu menjalankan dan memberikan jaminan bahwa modal usaha yang diberikan akan mendatangkan keuntungan.

Maka dari itu, perlu adanya proyeksi strategi bisnis yang diperlukan sebagai pertimbangan komponen bauran pemasaran yang bisa menjamin adanya konversi antara modal dan keuntungan yang didapatkan.

Mendapatkan Keuntungan bisnis sebesar mungkin adalah harapan dari setiap pelaku usaha, dengan menggunakan bauran pemasaran, anda dapat memastikan harapan tersebut bisa terwujud dalam bentuk implementasi bisnis yang dilakukan secara efisien dan juga efektif.

Hal ini tentu saja akan mendatangkan margin keuntungan yang semakin besar.

Baca Juga : Pengertian Ekosistem dan Contohnya Terbaru 2022

Kesimpulan

Itu dia sedikit penjelasan mengenai pengertian bauran pemasaran di dalam artikel penjelasan kali ini.

Semoga anda bisa mendapatkan margin keuntungan yang semakin besar antara pengeluaran dan juga pendapatan setelah membaca informasi di atas.

Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel bermanfaat berikutnya.

Tinggalkan komentar