Pencemaran Lingkungan Wikipedia 2022

Artikel kali ini akan membahas seputar pencemaran lingkungan wikipedia yang perlu anda ketahui.

Pencemaran merupakan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lainnya ke dalam satuan alami yang ada di lingkungan kita seperti air ataupun udara.

Pencemaran juga bisa berarti berubahnya komposisi air atau udara karena adanya kegiatan manusia dan proses alam sehingga kualitas dari udara maupun airnya akan berkurang atau tidak bisa berfungsi sesuai dengan seharusnya.

Pencemaran lingkungan wikipedia bisa saja terjadi di mana saja dengan kelajuan kerusakan yang sangat cepat.

Beban pencemarannyapun akan semakin berat karena adanya limbah industri dari berbagai macam bahan kimia termasuk logam berat yang merusak kesehatan lingkungan.

Pencemaran lingkungan wikipedia

Pencemaran lingkungan bisa terjadi jika adanya daur materi dalam lingkungan hidup lewat perubahan sehingga keseimbangan di dalam struktur dan fungsinya ikut terganggu.

Ketidakseimbangan tersebut terjadi karena adanya proses alam atau juga karena ulah perbuatan manusia.

Contohnya pembangunan di era globalisasi yang didukung munculnya teknologi canggih yang mampu memberikan dampak perubahan terhadap lingkungan yang sangat besar tanpa diiringi proses perencanaan yang sehat bagi lingkungan.

Hal ini menyebabkan tercemarnya lingkungan karena banyaknya limbah dan Sampah dari pembangunan dan teknologi tersebut.

Sisa buangan sampah dan limbah industri bisa berupa gas atau debu, padatan, dan juga cairan, sisa buangan cairan akan dikeluarkan lewat proses industri yang disebut dengan air limbah industri.

Air limbah industri jumlahnya akan berbeda-beda dan kepekatannya juga akan mempengaruhi pencemaran lingkungan yang berbeda pula sesuai dengan satuan operasi atau proses pembuatan industri tersebut.

Limbah cair dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan jika limbah tersebut tidak dihancurkan oleh organisme hidup dan mengalami akumulasi komponen lingkungan maka akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan bagi manusia dan juga kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Contoh Biografi Soekarno – Bapak Proklamator Indonesia

Salah satunya disebabkan karena limbah cair berupa detergen, minyak, asam dan alkali, serta limbah cair yang mengandung logam berat.

Proses industrialisasi di suatu negara umumnya hanya terfokus pada peningkatan jumlah produksi dari sisi ekonomi dan keuntungan saja tanpa memperhatikan dampak negatif dari proses tersebut.

Padahal proses industrialisasi banyak memanfaatkan sumber daya alam yang kemudian diolah semaksimal mungkin, bahan buangan nya akan dikeluarkan dalam bentuk yang sangat pekat dan berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa proses industrialisasi tanpa memperhatikan sisi dampak negatif yang disebabkan terhadap lingkungan sebenarnya hanya menghancurkan diri mereka sendiri dalam proses dan kurun waktu yang lambat.

Dampak pencemaran lingkungan wikipedia

Pencemaran Lingkungan Wikipedia 2022

1. Mengganggu keseimbangan sistem alam

Tanpa disadari pencemaran lingkungan menimbulkan ketidak seimbangan lingkungan dan ekosistem yang ada di seluruh permukaan bumi.

Pencemaran ini merusak keadaan yang semulanya baik menjadi tidak baik, tidak tercemar menjadi tercemar, dan mengganggu banyak kehidupan yang ada di bumi baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Pencemaran lingkungan bisa terjadi di mana saja salah satunya di ekosistem sungai.

Kondisi sungai yang tercemar karena limbah dan Sampah bisa menyebabkan banyak penumpukan sampah di bantaran sungai yang membuat airnya menjadi keruh dan berbau.

Limbah dan sampah sangat berpotensi dalam pencemaran lingkungan karena menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan hidup dan merusak ekosistem alami yang berpengaruh pada dampak kehidupan lainnya.

Dampak negatif dari penurunan kualitas lingkungan hidup karena adanya pencemaran dan kerusakan sumber daya alam akan menimbulkan ancaman dan dampak negatif bagi kesehatan, penurunan nilai estetika, kerugian yang lebih banyak dalam bidang ekonomi, dan terganggunya sistem tatanan alami.

Dampak negatif ini juga berdampak pada kesehatan masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, lingkungan juga akan terlihat menjadi semakin kumuh dan masyarakat akan menemukan banyak kesulitan untuk memenuhi kepentingan sehari-hari.

Kamarnya lingkungan akan mengganggu sistem alami lingkungan tersebut dimana komponennya akan rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

2. Punahnya banyak spesies flora dan fauna

Dampak negatif dari adanya pencemaran lingkungan akan berpengaruh besar terhadap flora dan juga fauna.

Polutan yang dihasilkan dari sistem industrialisasi dan rumah tangga yang masuk ke lingkungan hidup tanpa ada filter dan pengelolaan yang baik akan mematikan beberapa jenis flora dan fauna.

Bahkan yang terburuk banyak spesies flora dan fauna yang terancam punah misalnya kelestarian terumbu karang yang ada di lautan.

3. Berkurangnya kesuburan tanah

Pencemaran lingkungan juga menimbulkan banyak kerugian terutama pengurangan kesuburan tanah.

Penurunan ini diakibatkan karena penggunaan insektisida yang berlebihan dan tidak terkontrol sehingga mencemari kesuburan tanah secara alami.

Perlu kita sadari bahwa penggunaan insektisida secara berlebihan sebenarnya malah mendatangkan lebih banyak kerugian untuk diri kita sendiri, selain kesuburan tanah berkurang, pencemaran lingkungan lainnya juga bisa merusak kualitas air yang ada di dalam tanah.

Padahal kualitas air sangat perlu kita jaga karena sebagai masyarakat tentu saja kita membutuhkan air minum dan penggunaan air lainnya sebagai kebutuhan rumah tangga.

4. Tercemarnya wilayah perairan

Contohnya pencemaran Wilayah perairan yang ada di lautan sebagai peristiwa masuknya partikel kimia dari limbah industri, pertanian, rumah tangga, suara berupa kebisingan, dan penyebaran organisme invasif ke dalam lautan yang berpotensi memberikan banyak efek berbahaya bagi fauna dan flora yang ada di laut.

Kasus pencemaran yang terjadi di lautan banyak diakibatkan karena bahan kimia berbahaya berbentuk Partikel kecil yang dimakan oleh Plankton dan sebagian besar binatang pengurai yang ada di lautan.

Dengan cara ini, banyak racun dari bahan kimia terkonsentrasi di dalam laut yang masuk ke dalam rantai lingkungan pemanfaatan laut yang banyak membahayakan makhluk di sekitarnya termasuk manusia dan juga hewan karena laut yang tercemar.

Bertambahnya jumlah penduduk dan aktivitas yang ada di daerah aliran sungai juga memberikan banyak dampak perubahan kualitas air.

Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di sepanjang daerah aliran sungai, maka semakin besar juga potensi pencemaran yang akan terjadi.

Pencemaran ini mengakibatkan menurunnya kualitas air yang berpotensi juga merusak kesehatan masyarakat terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar aliran sungai.

Pencemaran ini mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai di mana Banyak biota sungai yang semakin berkurang dan merusak rantai makanan yang ada di sungai.

Jangan anda pikir ini hanya berpengaruh pada kesehatan lingkungan yang ada di sungai dan biota lain yang ada di sungai, tetapi ini juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai.

Hal ini juga bukan berarti anda yang tidak tinggal di daerah aliran sungai tidak akan mendapatkan dampak buruk dari kerusakan lingkungan di ekosistem sungai, karena pada dasarnya sungai akan bermuara ke lautan lalu ke Samudra lalu naik lagi ke atmosfer dan turun ke tanah sebagai air tanah.

Jenis-jenis pencemaran

Berikut ini beberapa jenis pencemaran lingkungan yang terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya:

  • Pencemaran udara
  • Pencemaran air
  • Pencemaran tanah
  • Pencemaran yang diakibatkan oleh logam berat
  • Pencemaran suara

Cara mencegah pencemaran lingkungan wikipedia

Untuk mencegah semakin meluasnya pencemaran lingkungan karena aktivitas industri dan manusia, perlu diadakannya pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan.

Baku mutu Lingkungan harus tetap terjaga di ambang batas normal dan standar dimana lingkungan tetap berada pada level keseimbangan yang normal, keseimbangan ini terjadi antara lingkungan dan manusia.

Misalnya pengelolaan sampah yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran yang ditimbulkan akibat sampah dan limbah yang tidak terkendali adalah dengan melakukan daur ulang sampah dan memisahkan sampah plastik dan juga non plastik.

Cara lainnya yaitu dengan melakukan remediasi sebagai bentuk pencegahan pencemaran, remediasi adalah kegiatan membersihkan permukaan tanah yang sudah tercemar untuk menghindari Resiko yang diakibatkan dari terkontaminasinya tanah oleh logam, baik yang berasal dari alam maupun akibat dari aktivitas kegiatan manusia.

Selain proses pengolahan daur ulang sampah, kita semua sebagai masyarakat yang hidup berdampingan dengan alam perlu memiliki kesadaran betapa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan mengubah cara berpikir kita bahwa sampah ataupun limbah yang kita buang akan memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan lingkungan yang berakhir akan berdampak pada kesehatan diri kita sendiri.

Menjaga kesehatan lingkungan bukan hanya semata-mata untuk lingkungan dan bumi saja, tetapi juga menjaga proses tatanan hidup alam yang sudah ada sebelum kita ada di bumi dan menjaga rantai makanan agar berbagai pihak yang ada di dalam biosfer ini tidak saling mengganggu satu sama lain.

Contoh kasus banyak buaya yang memakan manusia atau memakan sampah karena berkurangnya pasokan makanan yang ada di sungai di mana di sungai lebih banyak sampah ketimbang ikan.

Kita tidak bisa serta-merta menjatuhkan hukuman pada buaya yang memakan manusia tersebut karena pada dasarnya buaya tidak akan menyerang manusia jika pasokan makanannya di sungai tercukupi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak hari yang akan datang terutama bagi kesehatan lingkungan.

Baca Juga : Apa Itu Pendekatan Korologi? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai pencemaran lingkungan wikipedia yang bisa kami sampaikan di dalam artikel kali ini.

Semoga setelah anda membaca artikel pencemaran lingkungan wikipedia kali ini bisa menambah kesadaran untuk terus berlaku bijak di kehidupan sehari-hari karena kita semua berpotensi merusak lingkungan.

Cara yang paling mudah yang bisa kita lakukan saat ini adalah membuang sampah pada tempatnya, bukan ke selokan, aliran sungai, laut, air lainnya yang berpotensi mengarah dan bermuara ke samudra.

Mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik karena seperti yang kita ketahui plastik sangat sulit untuk diurai.

Terima kasih sudah membaca artikel pencemaran lingkungan wikipedia kali ini, semoga artikel ini bisa menambah kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan secara bersama-sama.

Cintai bumi hari ini untuk generasi yang akan datang! Sampai Jumpa di artikel bermanfaat selanjutnya.

Tinggalkan komentar