Bahasa Sunda Halus : Kosakata Bahasanya dalam Sehari-Hari

Kosakata dalam Bahasa Sunda halus sehari-hari biasanya digunakan untuk orang yang lebih tua.

Bahasa Sunda juga tidak asing di telinga kita karena termasuk bahasa terbesar kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah bahasa Jawa.

Bahasa Sunda digunakan oleh sebagian masyarakat di provinsi Jawa Barat dan Banten.

Belajar memahami sedikit kosakata dalam Bahasa Sunda halus sehari-hari rasanya boleh dicoba, tidak ada salahnya, kan?

Berikut ini beberapa kosakata dalam Bahasa Sunda halus sehari-hari yang biasa digunakan dalam percakapan Bahasa Sunda.

Bahasa Sunda Halus

Sebagian besar daftar kosakata dalam Bahasa Sunda halus yang akan dibahas di bawah ini digunakan dalam percakapan sehari-hari, bukan Bahasa Sunda kasar.

NoBahasa SundaBahasa Indonesia
1PuntenPermisi
2Hatur NuhunTerima Kasih
3Aya – Aya Waé.Ada – Ada Saja
4Kumaha, Damang?Bagaimana, Sehat?
5Badé Kamana?Mau Kemana?
6KumahaBagaimana
7IrahaKapan
8TimanaDarimana
9KamanaKemana
10NaonApa
11KunaonKenapa
12Nuju NaonLagi Ngapain?
13Nanaonan Ieu.Apa – Apaan Ini
14Aya Naon?Ada Apa
15Ari Eta Teh NaonKalau Itu Apaan?
16Tipayun nya!Duluan ya!
17Ngan Kitu HungkulCuma Gitu Doang
18Sakedap DeuiSebentar Lagi
19Karunya TeuingKasihan
20Loba KahayangBanyak Maunya
21Rame Jigana.Seru Kayaknya
22Nu LeresYang bener?
23DangukeunDengarkan
24Bade, Moal?Mau (jadi), Nggak?
25Horéam AhMales Ah
26Tunduh EuyNgantuk Ih
27Hoyong / HayangPengen
28Namina Saha?Namanya Siapa?
29Sugan teh sahaKirain Siapa
30Geleuh IhJijik Ih
31Terang teu?Tahu nggak?
32Gelo ManéhGila Kamu
33Hareudang EuyGerah Ih
34Kumaha Anjeun WéhTerserah Kamu Aja
35Angger weh!Tetep Aja!
36Kumaha Engké WehGimana Nanti Aja
37Kadieu atuhKesini Dong
38Nya Enya Atuh.Ya Iya Dong
39Hilap DeuiLupa Lagi
40Kamana DeuiKemana Lagi
41Nuju Milarian NaonLagi Nyari Apa
42Nuju Ngantosan SahaLagi Nunggu Siapa
43Sabodo TeuingBodo Amat
44TongJangan
45Tong Sok Api – ApiJangan Suka Pura – Pura
46Tong Hilap, nyaJangan Lupa, ya
47Tong NgalamunJangan Melamun
48Tong Ngambek AtuhJangan Marah Dong
49Tong Kitu AtuhJangan Begitu Dong
50Tong Hereuy Waé AtuhJangan Bercanda Mulu Dong
51Tong Asa-asaJangan Ragu-Ragu
52NgawadulNgabohong
53Gampil PisanMudah Banget
54Kaduhung (Pisan)Nyesel Banget
55Bageur PisanBaik Banget
56Geulis PisanCantik Banget
57Kasép PisanGanteng Banget
58Lieur AhPusing Ah/Bingung
59Emang Kunaon?Emang Kenapa?
60Nuju Dimana?Lagi Dimana
61Buruan AtuhCepetan Dong
62Kumaha Anjeun WehTerserah Kamu Aja

Baca Juga : Belajar Bahasa Sunda Mudah, Asik, dan Cepat

Penjelasan Kosakata dalam Bahasa Sunda Halus

bahasa sunda halus

  • Punten artinya Permisi atau maaf

Kata Punten digunakan ketika hendak melewati seseorang atau kerumunan orang, biasanya akan dibalas dengan kata mangga yang artinya silahkan.

Kata Punten bisa juga digunakan untuk permintaan maaf, misalnya Ketika anda tidak sengaja mendorong orang lain, anda bisa menggunakan kata Punten yang artinya maaf.

  • Hatur Nuhun artinya terima kasih

Digunakan untuk menyatakan perasaan terima kasih kepada seseorang, tetapi anda juga bisa cukup dengan mengucapkan nuhun.

Dalam bahasa Indonesia atur Nuhun Artinya terima kasih, sedangkan Nuhun artinya makasih.

  • Aya-aya wae artinya ada-ada saja

Kata ini digunakan ketika Anda bertemu dengan teman dengan tingkah yang konyol.

Pengucapan huruf e dalam kata wae sama seperti pengucapan e dalam kata pare.

Contoh pengucapan: Ah aya-aya wae kamu mah.

  • Kumaha, damang? artinya bagaimana, sehat?

Bahasa Sunda halus yang satu ini memiliki arti “apa kabar?” ketika anda menanyakan kabar seseorang baik itu teman lama, teman yang tidak sengaja bertemu di jalan, dan sebagainya.

Biasanya akan dibalas dengan kata damang yang artinya sehat atau sae yang artinya baik.

  • Bade kamana? artinya mau kemana?

Katanya ini akan digunakan ketika anda bertemu seseorang yang hendak pergi ke suatu tempat.

  • Kata tanya Bahasa Sunda halus yang digunakan sehari-hari

  • Kamana artinya kemana
  • Iraha artinya kapan
  • Timana na artinya dari mana
  • Kumaha artinya bagaimana

Keempatnya merupakan kata tanya dan sering digunakan dalam Bahasa Sunda halus.

Contoh kalimat: Timana, Bu? (dari mana, Bu?) Kumaha ieu? (bagaimana ini?)

  • Tipayun, nya! artinya duluan, ya!

Kata ini digunakan ketika hendak berpamitan, bisa juga menggunakan Bahasa Sunda halus, “tiheula, nya” dengan arti kata yang sama, namun “Tipayun, nya!” penggunaannya lebih halus dan lebih sopan.

  • Sakedap deui artinya sebentar lagi

Kata lain dalam Bahasa Sunda halus sakedap deui bisa juga ga “sakeudeung deui” untuk penggunaan informal.

  • Karunya teuing artinya kasihan

Kata lain dari Karunya teuing adalah karunya pisan yang artinya Kasihan sekali.

Penggunaannya bisa disesuaikan sesuai dengan kondisi.

  • Bade, moal? artinya jadi nggak?

Digunakan untuk menyatakan kepastian, ungkapan lain dari bade moal adalah “arek moal” yang penggunaannya lebih informal.

Baca Juga : 35 Suku Di Indonesia atau Lebih Beserta Nama Asal Daerahnya

Kesimpulan

Itu dia penjelasan singkat seputar kosakata dalam Bahasa Sunda halus yang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Jika anda ingin mahir menggunakan kosakata yang sudah dirangkum di atas, anda bisa belajar menggunakannya untuk percakapan sehari-hari.

Berlatihlah dengan orang-orang di sekitar anda terutama bagi mereka yang memang menggunakan Bahasa Sunda halus sebagai bahasa sehari-hari.

Jangan malu atau takut untuk mencoba karena anda tidak akan pernah tahu sebelum anda mencobanya.

Sekian artikel tentang kosakata dalam Bahasa Sunda halus sehari-hari yang sering digunakan dalam percakapan Bahasa Sunda halus.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang belajar menggunakan Bahasa Sunda halus untuk percakapan sehari-hari, terima kasih.

 

Tinggalkan komentar