Jazakumullah Khairan Artinya Beserta Contoh Penggunaannya

Artikel kali ini akan membahas penjelasan tentang jazakumullah khairan artinya beserta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, negara dengan banyak budaya dan mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Selain budaya yang ada di Indonesia, negara kita juga termasuk negara dengan akulturasi budaya dari negara lain yang cukup kental.

Salah satunya yaitu budaya dari negara Arab Saudi, budaya bangsa Arab banyak tersebar di Indonesia mulai dari makanan hingga bahasa yang banyak diterima oleh masyarakat Indonesia.

jazakumullah khairan artinya

jazakumullah khairan artinya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu penggunaan kata dari bahasa Arab yaitu jazakumullah Khairan.

Jazakumullah khairan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi dengan teman sebaya ataupun teman satu komunitasnya.

Baca Juga : Tulisan Assalamualaikum Waalaikumsalam : Arab Latin dan Terjemahannya

Lalu apa arti dari jazakumullah Khairan?

Jazakumullah khairan artinya terima kasih di mana kata tersebut merupakan kata ucapan pengganti dari kata terima kasih dalam bahasa Indonesia.

jazakumullah khairan artinya yang diucap dengan jazakumullah saja.

jazakumullah khairan artinya juga semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas kalian semua dengan kebaikan.

Jika dilihat dari makna terpisah, jazakumullah artinya semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas kamu.

Sedangkan jika ditambahkan dengan kata khairan yang artinya kebaikan maka jazakumullah khairan artinya semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas kamu dengan kebaikan.

Penggunaan pelafalan ini merupakan dalam bentuk jamak yang digunakan untuk menyebutkan banyak orang tidak menentu antara laki-laki maupun perempuan.

Dalam penggunaannya, jazakumullah khairan artinya tidak selalu diucapkan sama oleh semua orang.

Tanggapan perbedaan pelafalan antara perempuan dan laki-laki itu untuk perempuan diucapkan dengan pelafalan jazakillah khairan, sedangkan untuk laki-laki pelafalannya diucapkan dengan jazakallah khairan.

jazakumullah khairan artinya beserta contoh penggunaannya

Ungkapan yang biasanya digunakan Ketika seseorang atau sekelompok orang yang telah melakukan perbuatan baik.

Perbuatan baik tersebut akan ditunjukkan kepada anda sehingga lafal atau ungkapan ini berupa bentuk ucapan terima kasih kepada orang yang memberikan kebaikan tersebut.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda bahwa, “Barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian, maka balaslah kebaikan tersebut. Jika dia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, maka Doakanlah ia sampai kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya.”

Sabda Rasulullah tersebut terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

Tetapi selain sebagai kalimat ucapan terima kasih, siapa pun yang melafalkan jazakumullah khairan artinya cara tidak langsung mengungkapkan doa kepada lawan bicara dan sebagai permintaan dan harapan yang ditunjukkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Permohonan tersebut ditujukan agar orang yang menerima kata jazakumullah khairan artinya bisa mendapatkan balasan yang setimpal atas kebaikan yang sudah mereka lakukan.

Bagi seorang muslim kalimat jazakumullah khairan artinya dianggap sebagai ucapan sekaligus sebuah doa dimana kita sebagai seorang muslim wajib mempercayai keajaiban dari doa.

Senjata yang paling ampuh ketika diucapkan dari hati yang tulus, maka sangat mungkin bagi Allah untuk mengabulkan doa tersebut.

Selain sebagai dokter, pengucapan atau pelafalan jazakumullah khairan artinya juga sebagai pujian.

Kalimat ini merupakan bentuk penghormatan yang sangat tinggi ditunjukkan kepada seseorang atau sekelompok orang yang sudah melakukan perbuatan baik.

Keutamaan lafal jazakumullah

Islam merupakan agama yang damai dan mengajarkan para penganutnya untuk selalu berbuat kebaikan.

Iklan juga menganjurkan untuk membangun hubungan baik antar sesama manusia dan antar umat beragama salah satunya dengan mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan kebaikan dari orang lain.

Berterima kasih merupakan salah satu bentuk dari bersyukur yang dilakukan dalam berbagai cara, jika anda menerima sebuah kebaikan dari orang lain atau Ketika anda mendapatkan sebuah perlakuan baik dari orang lain, maka sudah sepatutnya anda bersyukur dengan mengucapkan kata terima kasih.

Mengucapkan rasa terima kasih kepada orang yang sudah membantu atau melakukan tindakan perbuatan baik kepada kita bukan hanya bermanfaat untuk kita sendiri.

Tetapi, juga bermanfaat bagi orang yang sudah membantu dan memperlakukan kita dengan baik.

Anda mengucapkan rasa terima kasih, maka hal itu juga bisa membuat orang lain merasa senang dan dihargai.

Orang tersebut juga bisa merasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas apa yang sudah terjadi dan apa yang sudah dia perbuat kepada orang lain.

Sehingga orang yang berbuat baik bisa merasakan bahwa kebaikannya membantu orang lain merupakan bentuk rasa bersyukur atas nikmat yang sudah Allah berikan kepadanya.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Usamah bin Zaid pernah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada orang tersebut jazakumullah Khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

Hadis di atas juga sudah disampaikan oleh Al-Albani di kitab shahih Al jami’ nomor 6368.

Balasan lafal jazakumullah khairan

Lafal atau perkataan yang mengandung arti kebaikan ini tidak hanya ditunjukkan oleh orang yang sudah berbuat kebaikan saja, tetapi juga anda sebagai orang yang mendapatkan kebaikan tersebut bisa menjawab dengan balasan yang serupa.

Lafal yang digunakan untuk membalas kalimat jazakumullah khairan katsiran dengan menggunakan lafal wa jazakallahu khairan artinya dan semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Tetapi jika seseorang mengucapkan di dalam sebuah kelompok maka pelafalannya akan berbeda.

Anda bisa menjawab dengan mengucapkan wa jazakumullah khairan yang artinya dan semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan.

Baca Juga : Angka Romawi Dari Angka 1 Hingga 2000 dan Cara Menulisnya yang Benar

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai jazakumullah khairan artinya beserta contoh penggunaannya secara lengkap.

Semoga artikel ini bisa menambah informasi dari pengenalan ragam kosakata Bahasa Arab yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

 

Tinggalkan komentar