Hotel Adalah : Sejarah, 4 Fungsi, Jenis, dan Klasifikasi

Hotel adalah bangunan ataupun sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penginapan beserta penyediaan makanan, minuman, dan fasilitas lainnya untuk menjamu tamu yang datang.

Seluruh fasilitas yang ada di dalam hotel adalah diperuntukkan untuk semua orang umum yang akan datang menginap.

Hotel memang sering dijadikan salah satu alternatif tempat tinggal oleh para wisatawan khususnya ataupun para pengunjung yang sedang berlibur ke suatu tempat wisata.

Jika mendengar kata hotel, pasti kita membayangkan bangunan megah dan mewah dengan harga sewa kamar yang mahal.

Padahal hotel masa kini, sudah banyak bertebaran dengan bermacam jenis fasilitas dan harga yang sesuai dengan kantong anda, jadi anda bisa menginap di hotel nggak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Pengertian hotel

Secara umum, hotel adalah bangunan yang memiliki banyak ruangan yang disewakan sebagai tempat menginap, bukan hanya sebagai tempat menginap, hotel juga menyediakan fasilitas seperti makan dan juga minum.

Hotel memiliki bermacam jenis kelas dari mulai harga termurah hingga yang paling mahal, bahkan di Royal Penthouse Suite di Swiss, harga sewa kamar hotelnya mencapai 1 miliar per malam.

Sebuah hotel bisa dikatakan hotel bintang satu setidaknya harus memiliki 15 kamar dengan luas masing-masing minimal 20 m2.

Selain sebagai tempat menginap seperti yang sudah disebutkan di atas, hotel juga menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang untuk para penginap.

Bisa jadi adanya fasilitas restoran, kolam renang, ruang pertemuan, ruang Spa, dan lain-lain.

Pengertian hotel menurut para ahli

1. American Hotel and Motel Association

Hotel adalah tempat yang menyediakan penginapan, makanan dan minuman, tetap pelayanan yang disewakan kepada para tamu atau orang yang tinggal sementara di dalamnya.

2. Endar Sri

Hotel adalah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan fasilitas penginapan dengan fasilitas diantaranya:

  • Pelayanan barang bawaan
  • Makanan dan minuman
  • Jasa pencucian pakaian
  • Fasilitas perabotan
  • Hiasan yang ada di dalamnya sebagai penunjang

3. Lawson

Hotel adalah sarana tempat tinggal umum bagi wisatawan atau masyarakat umum dengan memberikan pelayanan jasa kamar, makanan dan minuman, serta akomodasi dengan syarat berbayar.

4. Keputusan menteri parpostel no. KM 94/HK103/MPPT 1987

Hotel adalah jenis akomodasi dengan penggunaan sebagian atau seluruh untuk memberikan jasa pelayanan penginapan, penyediaan makanan dan minuman, serta jasa lain untuk masyarakat umum yang dikelola secara komersial.

5. Keputusan Menteri Perhubungan NO. PM.10/PW.301/Phb-77

Hotel adalah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dan disediakan untuk semua orang yang membutuhkan pelayanan penginapan, makanan, dan minuman.

Sejarah hotel

Kata Hotel adalah berasal dari kata hostel yang artinya diambil dari bahasa Perancis kuno.

Bangunan umum ini sudah didirikan sejak pertengahan abad ke-7 yang artinya tempat penampungan untuk pendatang.

Hotel juga bisa disebut sebagai bangunan penyedia pondokan atau makanan untuk umum.

Awal mulanya, hotel didirikan untuk melayani masyarakat di mana para pegawainya dahulu mirip dengan abdi masyarakat.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan bertambahnya pemakaian jasa inap dan makan, hotel mulai meninggalkan misi sosialnya.

Para tamu kemudian dipunguti biaya dan bangunan serta kamar-kamarnya mulai diatur dan ditata sedemikian rupa agar membuat tamu betah.

Selamat raketnya, bertahun-tahun yang lalu standar layanan Hotel tidak terlalu banyak berubah hingga akhirnya di tahun 1793 ketika City Hotel dibangun pertama kali di kota New York.

City Hotel adalah pelopor pembangunan penginapan gaya baru yang lebih sempurna zaman modern, hari ini didukung karena pembangunannya tidak hanya mementingkan letak strategis, tetapi juga sebagai tempat istirahat yang layak.

Maka tidak heran jika City Hotel saat itu didirikan tepat di pinggir kota.

Fungsi hotel

Gaya hidup Kian berubah, begitu juga dengan Hotel masa kini yang mengalami banyak perubahan.

Bukan hanya sebagai tempat menginap sementara, hotel masa ini juga menyediakan fasilitas yang bisa digunakan untuk rapat, pertemuan, seminar, pameran, resepsi pernikahan, bahkan pertunjukkan.

Berikut dibawah ini beberapa fungsi hotel selain dari kegunaannya yang bisa dirasakan dari sini para penerima manfaat Hotel seperti karyawan, pemilik, tamu, bahkan pemerintah sekalipun.

Fungsi Hotel adalah berikut dibawah ini!

Hotel Adalah : Sejarah, 4 Fungsi, Jenis, dan Klasifikasi

1. Untuk karyawan

Fungsi Hotel adalah sebagai tempat mencari nafkah untuk mendapatkan penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup dan tempat menambah kemampuan serta pengalaman.

2. Untuk pemilik

Hotel adalah alat untuk mendapatkan keuntungan finansial yang besar dan mengamankan modal yang sudah dikeluarkan selama proses pembangunannya.

3. Untuk tamu

Fungsi Hotel adalah sebagai tempat menginap sementara dengan pelayanan yang nyaman, memuaskan, aman, dan menyenangkan.

4. Untuk pemerintah

Hotel adalah untuk menyerap tenaga kerja setempat yaitu membuka lapangan pekerjaan, menambah pendapatan daerah, dan ikut serta membantu mempromosikan objek wisata di daerah tersebut.

Baca Juga : Kepemimpinan: Pengertian, Model, & 8 Unsur Yg Harus Km Tahu

Jenis-jenis hotel

Jenis model bisa dibedakan kedalam beberapa kategori diantaranya:

1. City Hotel

Didirikan di daerah perkotaan untuk masyarakat yang berniat menginap dalam waktu singkat dan dilengkapi fasilitas bisnis seperti ruang rapat.

2. Residential Hotel

Lokasinya di pinggir kota, namun akses menuju tempat kegiatan bisnis relatif mudah, oleh karena itu, hotel jenis ini menjadi pilihan banyak tamu yang menginap dalam jangka waktu lebih lama karena dilengkapi juga dengan fasilitas keluarga.

3. Resort Hotel

Umumnya dibangun di daerah pegunungan atau tepi pantai, danau, aliran sungai, atau di dekat daerah tempat wisata.

4. Motor Hotel (motel)

Lokasinya didirikan di pinggir sepanjang jalan raya yang menjadi jalan penghubung antar kota, biasanya didirikan di dekat pintu gerbang perbatasan antara dua kota.

5. Hotel besar

Berisi ruangan lebih dari 300 kamar.

6. Hotel menengah

Memiliki ruangan berkisar antara 28 sampai 299 kamar.

7. Hotel kecil

Memiliki ruangan maksimal 28 kamar.

Klasifikasi hotel

Selanjutnya dalam artikel Hotel adalah yaitu klasifikasi Hotel berdasarkan bintangnya.

Berdasarkan kelasnya, hotel adalah dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan diantaranya:

  • Hotel bintang
  • Hotel melati
  • Guest house
  • Wisma

Perbedaan dari keempat kelas hotel tersebut terletak pada jumlah, jenis kamar, dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing hotel.

Kemudian, hotel berbintang juga dibedakan lagi menjadi beberapa tingkatan yang dilambangkan dengan simbol bintang 1 sampai dengan 5.

Simbol bintang 1 sampai dengan 5 yang menjadi klasifikasi kelas dalam dunia bisnis hotel diatur melalui surat keputusan dirjen parpostel no. 22/U/VI/1978.

Penilaian terhadap suatu hotel untuk menentukan klasifikasi kelas dilakukan oleh Dirjen pariwisata setiap 3 tahun sekali.

Di bawah ini adalah kriteria penilaian hotel tersebut yaitu:

1. Hotel bintang 1

Kamar mandi dalam

Jumlah kamar standar minimal 15 dan luas minimal kamar 20 m2.

2. Hotel bintang 2

Kamar mandi di dalam, tersedia fasilitas televisi, telpon, penerangan, jendela, lobby, AC, sarana olahraga, dan bar.

Jumlah kamar standar minimal 20 ruangan dan luas minimal 20 m2.

Jumlah kamar suite minimal 1 ruangan dengan luas minimal kamar 44 m2.

3. Hotel bintang 3

Fasilitas kamar mandi dalam, toilet sendiri, telepon, televisi, penerangan, AC, jendela, lobby, restoran, bar, sarana olahraga dan rekreasi, serta valet parking.

4. Hotel bintang 4

Memiliki fasilitas kamar mandi air panas dan air dingin, televisi, telepon, AC, penerangan, sarana olahraga dan rekreasi, jendela, restoran, dan bar.

Luas lobby minimal 100 m2.

Jumlah kamar standar minimal 50 ruangan dengan luas minimal 24 m2.

Jumlah kamar suite minimal 3 kamar dan luas minimal 48 m2.

5. Hotel bintang 5

Sudah tersedia fasilitas kamar mandi air panas dan dingin, televisi, AC, telepon, jendela, penerangan, lobby, bar, sarana olahraga, sarana rekreasi, restoran 24 jam, valet parking, dan fasilitas jasa layanan antar makanan hingga ke kamar.

Tempat tidur dan perabotan yang ada di kamar berkualitas tinggi.

Jumlah kamar standar minimal 100 ruangan dengan luas minimal 26 m2.

Jumlah kamar set minimalis 4 ruangan dan luas minimal 52 m2

Baca Juga : 11 Peralatan Kantor Beserta Penjelasan dan Juga Fungsinya

Kesimpulan

Semoga setelah membaca artikel tentang hotel adalah beserta fungsi, sejarah, jenis, klasifikasi nya bisa membuat anda lebih mudah menentukan pilihan harus memilih hotel yang mana ketika akan menginap.

Ada juga perlu memperhatikan kondisi keuangan dan kebutuhan anggota keluarga anda ketika memesan hotel yang anda butuhkan.

Karena yang paling penting ketika memesan Hotel adalah kenyamanan, keamanan, dan kepuasan.

Terima kasih sudah membaca artikel adalah berikut biasa, selamat berlibur!

Tinggalkan komentar