Harga Trampolin Anak Update Terbaru 2022

Harga Trampolin Anak Update Terbaru 2022 – Artikel penjelasan kali ini akan membahas tentang harga trampolin anak anak beserta manfaat bermain trampolin untuk si kecil.

Bermain trampolin juga bisa memberikan kebebasan untuk bermain bagi anak-anak dan memiliki banyak manfaat.

Selain mendorong anak untuk tetap bergerak secara aktif, permainan trampolin juga mengasah kemampuan otak dan kepekaan indera pada anak-anak serta meningkatkan kemampuan sosial dalam berinteraksi dengan anak lain.

Permainan ini sangat mengasyikkan yang termasuk salah satu permainan yang sering dimainkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai harga trampolin anak anak beserta manfaat yang bisa didapatkan dari bermain trampolin untuk anak-anak, simak penjelasan di bawah ini.

Apakah bermain trampolin aman untuk si kecil?

Trampolin adalah salah satu permainan yang mengasah kemampuan motorik terutama melompat.

Bermain trampolin bisa dijadikan sebagai aktivitas fisik sambil bermain yang menyenangkan bagi anak dan juga orang tua selain berolahraga.

Permainan ini biasanya dimainkan di dalam ruangan ataupun di alam terbuka misalnya di halaman rumah, tetapi harus tetap diawasi oleh orang dewasa.

Bermain trampolin tidak boleh sembarangan dilakukan karena bisa saja mengakibatkan cidera.

Permainan trampolin atau ada juga yang menyebutnya dengan lompat memantul terus berkembang pesat sejak tahun 90-an.

Berkembangnya permainan ini tidak dibarengi dengan keamanan yang harus disadari oleh para orang tua.

Tercatat cedera akibat permainan trampolin juga terus meningkat hingga 98% di tahun 1999, bahkan berita buruknya ada lebih dari 100000 orang di Amerika Serikat yang harus dirawat karena cedera akibat bermain trampolin.

Karena banyaknya kasus cidera dalam permainan ini, mendorong American Academy of Pediatrics atau AAP dan American Academy of Orthopaedic Surgeons menyarankan permainan trampolin tidak cukup aman untuk para balita.

Hal ini dikarenakan permainan trampolin bisa meningkatkan resiko cidera pada anak seperti keseleo hingga patah tulang di bagian lengan, paha, kepala, dan leher.

Permainan lompat memantul ini cukup beresiko tinggi bagi anak-anak karena tulangnya masih rawan, muda, belum cukup kuat, dan masih lembut.

Gerakan melompat yang dilakukan secara berulang-ulang ketika bermain trampolin bisa menyebabkan tulang menerima banyak tekanan dari berat tubuh secara berulang-ulang.

Hal ini menyebabkan tulang menjadi stres dan mengakibatkan terkilir hingga patah tulang.

Kapan anak-anak boleh bermain trampolin?

Menurut AAP, anak usia dibawah 6 tahun disarankan untuk tidak melakukan permainan trampolin karena anak di usia tersebut dinilai belum bisa menyeimbangkan tubuh dan melakukan pendaratan yang baik, jadi masih sering melakukan kecerobohan dan mengakibatkan cidera.

Tips bermain trampolin yang aman untuk anak

Harga Trampolin Anak Update Terbaru 2022

Meskipun bermain trampolin yang rentan beresiko cidera yang tinggi, para orang tua bisa meningkatkan keamanan anak ketika bermain trampolin untuk mengurangi resiko cidera.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua jika anak diperbolehkan bermain trampolin, diantaranya:

Pasang jaring pengaman yang dirancang untuk mengitari daerah trampolin agar mencegah anak melompat ke luar area bermain yang kurang aman seperti jatuh ke tanah keras.

Tempatkan trampolin di area yang luas tanpa adanya pepohonan, pembatas seperti pagar, dan tanaman semak yang beresiko melukai anak.

Berikan bantalan empuk tempat pendaratan anak di samping trampolin.

Trampolin di atas permukaan tanah yang datar jangan diatas permukaan yang lebih tinggi dari tanah karena bisa membahayakan keselamatan anak.

Beri peringatan anak untuk tidak bercanda ketika bermain dan melakukan gerakan-gerakan yang mengakibatkan cidera ketika bermain trampolin seperti jungkir balik, saling mendorong, atau melompat terlalu tinggi di atas trampolin.

Beri batasan waktu bermain trampolin dan anak harus minta izin terlebih dahulu sebelum melakukan permainan tersebut agar ada orang dewasa yang mengawasi.

Banyaknya orang yang bermain di atas trampolin dengan luas trampolin untuk mengurangi akibat cidera bermain trampolin.

Baca Juga : Apa Itu Pramuka? Ini Penjelasan Lengkap Terbaru 2022

Manfaat bermain trampolin bagi anak

Sebelum anda membeli trampolin dan mengetahui harga trampolin anak, anda harus mengetahui terlebih dahulu manfaat dari bermain permainan yang satu ini.

1. Melatih keseimbangan tubuh si kecil

Bermain trampolin di atas permukaan elastis itu memantulkan tubuh si kecil ke atas dan ke bawah.

Hal ini mendorong si kecil untuk menjaga keseimbangan ketika bermain dan melakukan pendaratan setelah melompat.

Perlahan-lahan kemampuan menjaga keseimbangan ini akan terlatih, namun sangat diwajibkan bagi para orangtua untuk mendampingi si kecil bermain trampolin terutama jika baru pertama kali mencoba permainan trampolin untuk mengurangi resiko cedera.

2. Memperbaiki mood dan mengurangi stres

Semua anak juga pasti merasakan stres karena berbagai alasan, orang tua disarankan untuk mengajak anak berlatih bercerita atau bermain untuk merilis emosi yang sulit mereka kendalikan.

Salah satu cara membantu anak anda mengurangi kadar stres tersebut dengan bermain trampolin.

Cara ini otomatis akan membuat dan menjadi lebih gembira ketika meloncat kesana kemari dan memperbaiki mood serta mengurangi rasa stres yang sulit mereka kendalikan.

Suasana hati sekecil juga akan semakin membaik dan lebih mudah menyerap rangsangan yang diterimanya, selain itu, dengan bermain trampolin secara tidak langsung mengajarkan pada anak cara untuk merilis emosi terutama energi negatif seperti stres menyebabkan anak anda jadi kurang ceria dan murung.

3. Melatih gerakan tubuh dan fisik pada anak

Bermain trampolin selama 1 menit dapat membakar kalori antara 8 hingga 11 kalori, hal ini akan berdampak positif bagi tubuh pada anak untuk terus bergerak aktif.

Bergerak secara aktif buat tubuh anak berkeringat dan membentuk sistem imun tubuh yang lebih kuat.

Meskipun tidak begitu banyak membakar kalori, namun jika dilakukan secara rutin manfaatnya akan terasa dan anak-anak pun akan jauh lebih ceria.

4. Membantu menyeimbangkan koordinasi gerak tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya

Bersamaan dengan gerakan fisik, simulasi ketika bermain trampolin pada anak juga mampu membantu anak menyelaraskan koordinasi tubuhnya dan menjaga keseimbangan.

Anak yang bergerak secara aktif akan lebih mampu mengkoordinasikan gerakan setiap anggota tubuhnya dengan gerakan melompat ke atas dan ke bawah.

Tangan dan kaki si kecil akan memiliki refleks bergerak mencari posisi yang tepat sehingga melatih stimulus tubuh yang efektif untuk mendukung pertumbuhan pada anak.

Harga trampolin anak

Masuk ke penjelasan harga trampolin anak yang anda tunggu-tunggu, berikut ini beberapa tempat untuk anda membeli atau menyewa trampolin di rumah.

Ada banyak jenis trampolin anak mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran besar yang bisq digunakan anak-anak hingga anak-anak hingga lebih dewasa.

Anda sebagai orang tua bisa menyesuaikan produk dan jenis yang anda butuhkan sesuai dengan budget yang anda sediakan.

Disarankan untuk membeli ukuran trampolin yang lebih besar dari usia dan bobot anak anda karena trampolin juga memiliki kapasitas maksimal berat badan yang bisa ditampungnya.

Berikut ini beberapa jenis trampolin beserta harga trampolin anak yang bisa anda jadikan referensi.

1. Little tikes 3 foot trampoline atau trampolin anak ringkas

Trampolin jenis ini di desain sederhana bisa menjadi opsi menarik untuk si kecil.

Jika snda membeli trampolin anak ringkas, anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti bar pengaman yang melintang di bagian tengah.

Jadi anda tidak perlu khawatir ketika anak anda melompat-lompat karena mereka bisa berpegangan pada bar tersebut dan mengurangi resiko cidera.

Harga trampolin anak jenis ini berkisar antara 1 juta kurang atau lebih.

2. Okiedog trampoline 100 cm superheroes + ball pit

Jika anda para orangtua berminat untuk membeli trampolin dengan tambahan jaring pengaman sekaligus mandi bola, opsi jenis trampolin yang satu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Bentuknya ergonomis dan lebih aman karena di setiap sisinya akan dikelilingi dengan jaring pengaman sehingga anda merasa aman ketika si kecil bermain di dalam tampolin.

Selain itu, anak-anak juga bisa bermain mandi bola sehingga permainan jadi lebih seru dan menyenangkan.

Harga trampolin anak jenis ini dipatok dengan kisaran Rp2.300.000.

3. Speeds mini trampoline 55″

Ukuran dari jenis trampolin yang satu ini jauh lebih besar pada ukuran pada umumnya dengan diameter mencapai 55″ gitar 140 cm.

Dengan ukuran besar seperti ini, anak anda bisa bermain dengan leluasa dan nyaman.

Trampolin jenis produk yang satu ini juga dilengkapi jaring pengaman di setiap sisinya dan bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Harga trampolin anak dengan ukuran 140 cm ini dipatok harga sekitar Rp700.000 hingga Rp800.000.

4. Harga trampolin anak sewa

Jika anda merasa membeli trampolin tidak cukup penting, tetapi masih ingin mengajak anak anda bermain trampolin sesekali, anda bisa memilih option sewa trampolin.

Anda bisa menyewa trampolin ukuran anak dengan harga yang sangat terjangkau di mamasewa.com.

Harga trampolin anak sewa yang ditawarkan mulai dari Rp50.000 per Minggunya (jika tidak ada perubahan harga).

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk membeli trampolin dan menghindari membuang uang sia-sia jika anak anda ternyata setelah membeli trampolin tidak menyukai permainan yang satu ini.

Baca Juga : Inilah Penjelasan Tentang Daerah WIB, WITA, dan WIT

Kesimpulan

Sekian penjelasan harga trampolin anak beserta manfaat dan tips cara bermain trampolin untuk anak agar terhindar dari cidera.

Semoga artikel harga trampolin anak kali ini bisa menambah informasi yang anda butuhkan.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel harga trampolin anak di website kami.

Sampai jumpa lagi di penjelasan artikel bermanfaat selanjutnya.

Tinggalkan komentar