Contoh Teks Pidato Pembina Upacara

Artikel kali ini akan membahas tentang contoh teks pidato pembina upacara  yang biasa dilakukan pada hari Senin.

Teks pidato pembina upacara  berisi pesan atau amanat yang disampaikan oleh pembina upacara berupa wawasan, nasehat, atau ajakan bagi semua peserta upacara untuk selalu berbuat kebaikan sesuai dengan tema yang dibawakan pada minggu itu.

Yang menjadi pembina upacara pada hari Senin di sekolah biasanya kepala sekolah ataupun guru sesuai kapasitas yang dimiliki oleh kepribadian masing-masing.

Sedangkan dalam upacara hari Senin di kedinasan biasanya pembina akan dipimpin oleh seorang kepala tertinggi atau perwakilannya.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai contoh teks pidato pembina upacara  pada hari Senin, simak pembahasan di bawah ini.

Pembina upacara

Contoh Teks Pidato Pembina Upacara

Biasanya jika anda berprofesi sebagai seorang guru dan diharuskan mendapat giliran menjadi pembina upacara, hal ini tentu saja bukan pekerjaan yang mudah karena sebagai seorang pembina pasti membutuhkan persiapan dan mental tersendiri.

Untuk itu diperlukan adanya latihan pembacaan teks pidato pembina upacara  dan pembahasan yang dibawakan pada hari Senin.

Jika anda merasa kebingungan, contoh teks pidato pembina upacara  dalam artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi.

Teks pidato pembina upacara

Sebenarnya teks pidato pembina upacara  sama seperti pidato pada umumnya, tetapi membaca teks pidato pembina upacara  memiliki teknik atau metode tersendiri, seperti:

1. Metode naskah

Pembina upacara menyampaikan teks pidato pembina upacara  dengan membawa catatan yang sudah dipersiapkan, cara ini biasanya digunakan pada acara-acara formal.

2. Metode menghafal

Pembina upacara menghafalkan teks pidato pembina upacara  yang sudah dibuat kemudian disampaikan secara lisan di hadapan para peserta upacara bendera.

3. Metode serta merta

Metode Iki di mana para Pembina akan menyampaikan amanat dengan keterampilan berbicara secara spontan ataupun berbicara dengan sedikit melihat poin penting yang tertulis di dalam kertas berukuran kecil.

Baca Juga : Pengertian Masyarakat Madani: Sejarah, dan Karakteristik

Susunan teks pidato pembina upacara

Secara umum, teks pidato pembina upacara  memiliki 3 poin utama dalam penyusunannya, diantaranya:

1. Pembukaan atau mukadimah

Ini berisi udah masalah yang dilanjutkan dengan kalimat pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa serta shalawat dan salam kepada Baginda Rasulullah jika Pembina tersebut beragama islam.

Selanjutnya pemberian salam hormat kepada seluruh peserta upacara yang hadir pada hari itu.

2. Isi pidato

Isi pidato berisi materi yang dibahas baik panjang ataupun pendek, isi materi pidato akan disesuaikan dengan situasi, kebutuhan, dan juga keadaan pada saat diadakannya upacara bendera pada hari Senin.

3. Penutup

Berisi kesimpulan, harapan, dan juga pesan berikut salam penutup teks pidato pembina upacara  yang dibawakan.

Contoh teks pidato pembina upacara

Berikut ini contoh teks pidato pembina upacara  singkat dengan berbagai macam tema pembahasan yang bisa dijadikan rujukan atau referensi.

Teks pidato pembina upacara  tentang kedisiplinan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hormat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bekasi.

Yang saya hormati seluruh bapak dan juga ibu guru serta staf dan karyawan yang bekerja dengan baik.

Tidak lupa juga para siswa SMA Negeri 1 Bekasi yang saya cintai dan saya banggakan.

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala yang melimpahkan karunianya kepada kita semua sehingga upacara Ini bisa dilaksanakan tanpa adanya suatu halangan apapun.

Tidak lupa juga shalawat dan salam semoga tercurah kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beserta keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

 

Anak-anak yang bapak cintai,

Pada kesempatan pagi hari ini setidaknya ada beberapa hal yang akan saya sampaikan. Pertama, saya yang ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik di pagi hari yang cerah ini.

Selanjutnya, saya disini juga ingin menyampaikan tentang kedisiplinan melaksanakan kegiatan upacara bendera yang rutin kita laksanakan setiap hari Senin. Seperti yang kita ketahui bahwa upacara bendera menjadi salah satu kegiatan yang melatih kedisiplinan tinggi, bukan hanya bagi para petugas upacara dan juga siswa, tetapi juga bagi para guru dan staf karyawan yang ada di sekolah.

Dalam hal ini saya kira anak-anak yang berada di barisan upacara harus benar-benar ikuti aba-aba yang diperintahkan oleh pemimpin kelas maupun pemimpin upacara. Bukan saja mengenai kedisiplinan dalam baris-berbaris, di upacara pagi hari ini juga bisa terlihat Bagaimana kedisiplinan dalam berpakaian ditaati oleh seluruh warga sekolah.

Saya selalu ingin mengingatkan bahwa setiap siswa yang berada di sekolah harus menggunakan seragam sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Jika sewaktu-waktu ada anak yang tidak menggunakan seragam lengkap, maka setiap orang yang melanggar akan dikenakan sanksi potensi yang sesuai berupa sanksi yang berlaku dari peraturan sekolah.

Dan yang terakhir saya ingin menyampaikan kepada anak-anak kalian mengenai pentingnya membiasakan sikap disiplin sejak dini baik di lingkungan sekolah, rumah, pertemanan, dan lain-lain.

Dengan membiasakan hidup berdampingan dengan sikap disiplin, maka kita akan terbiasa hidup teratur dan rapi di setiap kesempatan. Anak-anak yang biasa mematuhi peraturan dan pola hidup disiplin, akan bisa hidup lebih teratur jika ngajak lebih dewasa lagi.

Bagian amanat yang bisa saya sampaikan Semoga bisa berguna dan memberikan banyak manfaat bagi para peserta upacara yang hadir pada hari ini. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian, terima kasih.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga : Jenis Jenis Ideologi Beserta Penjelasannya

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang contoh teks pidato pembina upacara  dan susunan dari teks pidato pembina upacara  yang bisa anda jadikan referensi.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi tambahan yang anda butuhkan, terima kasih sudah membaca artikel contoh teks pidato pembina upacara  kali ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!