Cara Merubah Gambar Dokumen Microsoft Word Menjadi Hitam Putih

Artikel yang akan kita bahas kali ini adalah artikel mengenai cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih yang perlu anda ketahui.

Sesuatu yang berwarna tentu saja akan terlihat indah dan menawan, namun, jika ini berkaitan dengan Microsoft Word, belum tentu hasilnya akan sama.

Anda mungkin tidak selalu menyisipkan gambar ke dalam dokumen Microsoft Word dan mungkin anda juga lebih memilih gambar dengan kesan hitam putih karena suatu alasan dengan rasa dan kebutuhan.

Microsoft Word memiliki fitur yang ada hubungan dengan pilihan warna untuk gambar yang sudah dimasukkan ke dalam dokumen Word, dengan menggunakan fitur ini, anda dapat mengubah gambar menjadi hitam putih dengan cepat dan mudah.

Untuk pembahasan selengkapnya tentang artikel cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih, perhatikan informasi yang kami sampaikan berikut.

Filosofi gambar atau foto hitam putih

Cara Merubah Gambar Dokumen Microsoft Word Menjadi Hitam Putih

Saat pertama kali digunakan , kamera hanya bisa mengambil foto hitam putih dan foto berwarna baru diperkenalkan pada tahun 1930-an, itu pun belum banyak digunakan pada zaman tersebut.

Foto hitam-putih masih mendominasi biaya dan pasaran kala itu sehingga cepat atau lambat hal ini mengurangi minat banyak orang dengan foto hitam-putih.

Selain itu, hal ini juga didukung oleh harga film berwarna dan biaya pemrosesannya yang turun aka lebih murah membuat pamor foto hitam-putih mulai menurun bahkan hingga saat ini.

Karena hal tersebut, foto hitam putih tidak serta merta menghilang begitu saja, masih ada peminat foto hitam-putih hingga saat ini.

Penggunaannya digunakan untuk majalah, media berita,  maupun untuk karya seni cetak.

Pengambilan foto hitam putih tidak sama dengan foto berwarna karena harus lebih memperhatikan kontras yang berlawanan sebagai bagian dari adanya pencahayaan.

Seorang fotografer harus berhati-hati dan pandai mengambil sudut pencahayaan yang bagus untuk menyorot area dengan pencahayaan yang kontras.

Fotografi hitam putih sangat bagus dalam kondisi kontras yang rendah seperti ketika hari mendung.

Anda harus lebih memperhatikan komposisi karena tidak ada warna untuk diapresiasi di dalam foto yang diambil, anda harus menekankan bentuk dan pencahayaan daripada warna.

Bayangan juga sangat berperan penting dalam foto hitam putih sehingga keseluruhan foto yang diambil memberi kesan yang lebih mendalam.

Foto hitam putih adalah foto yang memaksa kita semua untuk melihat bentuk daripada warna, rasa daripada uforia.

Subjek yang remang-remang dengan bayangan atau dengan kata lain kurang pencahayaan mungkin tidak masuk akal bahkan jelek dalam gambar berwarna, tetapi dalam foto hitam putih, kekurangan tersebut malah bisa jadi kekuatan.

Foto hitam putih juga mampu menghadirkan kesan murni dan emosi yang sangat kuat, hal ini menjadi alasan medasar mengapa masih ada media yang menggunakannya pada masa kini.

foto hitam putih masih digunakan dan kepopulerannya masih terjaga meskipun tidak seperti sebelum adanya foto berwarna.

Beberapa orang menyukai kesederhanaan kesan namun kuat dari foto hitam putih dan kebanyakan foto berwarna masih cukup rumit pemrosesannya karena memerlukan program untuk mengedit atau menyempurnakan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, foto hitam putih banyak kaitannya dengan kontras , jadi jika anda berprofesi sebagai fotografer, sangat penting untuk anda memperhatikan hal tersebut.

Cahaya yang masuk ke dalam ruangan bisa berubah menjadi gelap, dipadukan dengan berbagai macam pola pendukung, bentuk dan pengulangan dalam bingkai bisa menghasilkan gambar yang luar biasa.

Kondisi cahaya redup juga dapat menimbulkan kesan yang tidak akan terlihat pada gambar hasil jepretan langsung, tetapi ketika diubah ke hitam putih, bagian ini akan memiliki nilai tersendiri.

Kunci utama untuk mendapatkan gambar hitam-putih yang menarik adalah dengan membayangkan warnanya sebagai hitam dan putih lalu memvisualisasikan hasil akhirnya dengan kenyataan.

Baca Juga : Cara Menghapus Baris Kolom atau Tabel Microsoft Word dengan Cepat

Cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih

Cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih tidak sulit sama sekali asalkan anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Word untuk membuka dokumen yang berisi gambar atau buka dokumen baru yang masih kosong dan anda bisa menyisipkan gambar baru lewat tab insert lalu pilih image.
  • Jika dokumen yang anda buka sudah memiliki gambar di dalamnya, pilih gambar tersebut dengan mengklik gambar yang ingin anda ubah menjadi warna hitam putih.
  • Klik tab Format, sebenarnya ketika anda memilih dengan mengklik gambar tersebut, tab Format juga secara otomatis akan menjadi tab aktif.
  • Di bagian Adjust, klik tombol Color pada daftar drop-down yang muncul, pilih Saturation hingga 0 % untuk mengubah Color Saturation.
  • Gambar yang anda seleksi sekarang sudah berubah menjadi hitam putih.

Baca Juga : 2 Cara Mengubah Dokumen Microsoft Word (DOCX) ke JPG

Kesimpulan

itu dia sedikit penjelasan artikel cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih di website kami kali ini.

Semoga penjelasan artikel cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih ini dapat memberikan banyak ilmu bermanfaat dan wawasan baru untuk anda semua yang membacanya.

Terutama bagi anda yang mengalami kendala saat merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih.

silahkan membagikan artikel cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih ini ke media sosial anda jika anda rasa bermanfaat agar ada lebih banyak orang lagi yang membacanya.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel cara merubah gambar dokumen Microsoft Word menjadi hitam putih, sampai jumpa lagi di pembahasan artikel bermanfaat selanjutnya.

Tinggalkan komentar