Cara Mengatur Tabel Rata Kiri Tengah atau Kanan Dokumen Word

Cara Mengatur Tabel Rata Kiri Tengah atau Kanan Dokumen WordArtikel penjelasan kali ini akan membahas mengenai cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word yang harus anda ketahui.

Dokumen Microsoft Word tidak selalu sepenuhnya hanya berupa teks saja, anda bisa membuat tabel atau menyisipkan gambar ke dalam dokumen yang anda buat sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda membuat laporan pekerjaan yang sifatnya dituntut untuk profesional, anda mungkin perlu menyertakan tabel untuk mendukung laporan tersebut.

Anda bisa saja mengimpor tabel dari spreadsheet Microsoft Excel, tetapi jika anda hanya butuh sekedar tabel yang sederhana bukan yang memerlukan penyusunan data kompleks, anda bisa membuatnya di Microsoft Word lewat fitur insert table.

Untuk penjelasan selengkapnya cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word

Saat anda membuat tabel di dalam dokumen Microsoft Word, secara default, tabel akan memenuhi lebar halaman dokumen Microsoft Word anda meskipun hanya satu kolom dan satu baris.

Dari sini, anda perlu melakukan penyesuaian lebar setiap kolom dan baris tabel supaya harmonis dan nyaman dilihat ketika digunakan untuk memasukkan data di dalam tabel.

Hal ini tentu saja kan mempengaruhi lebar tabel agar tidak sepenuhnya melebar di dalam satu halaman lagi karena anda sudah melakukan penyesuaian lebar kolom dan baris.

Ketika tabel tidak lagi memenuhi lebar satu halaman dokumen Microsoft Word, anda bisa mengatur tabel agar rata kiri, tengah, dan kanan.

Baca Juga : Cara Melihat Banyak Halaman Dokumen Microsoft Word Sekaligus

1. Table Properties

Horizontal alignment di dalam pembuatan dan penyesuaian tabel harus selaras secara horisontal di dalam dokumen Word dan caranya relatif mudah untuk anda coba, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kanan mouse tepat pada tabel yang akan anda atur ukurannya untuk menampilkan menu pintasan (shortcut menu) kemudian pilih Table Properties…
  • Di dalam kotak obrolan (dialog box) Table Properties yang muncul popup ke layar, pastikan tab Table sudah aktif, di bagian Alignment, anda perlu menentukan apakah tabel akan rata kiri, tengah atau kanan.

2. Text Wrapping

Cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word lainnya yang bisa anda coba yaitu dengan menggunakan fitur Text wrapping.

Cara ini bisa anda lakukan jika tabel yang anda buat ukurannya kecil atau hanya memuat data yang tidak begitu banyak, pilih Around agar teks terlihat mengelilingi tabel.

Berikut langkah-langkahnya!

  • Klik tombol Positioning… untuk mengatur posisi vertikal tabel dan jeda tabel dengan teks yang mengelilinginya.
  • selanjutnya klik tombol OK apabila sudah selesai untuk menyimpan seluruh pengaturan.

3. Tombol shortcut

Ada pula cara lainnya yang bisa anda coba yaitu dengan menggunakan tombol kombinasi pada papan keyboard anda untuk membantu mempercepat pekerjaan anda.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Buka dokumen di dalam aplikasi Microsoft Word.
    Cara Mengatur Tabel Rata Kiri Tengah atau Kanan Dokumen Word
  • Blok atau sorot bagian teks terlebih dahulu untuk mengatur tata letak teks.
  • Gunakan tombol sortcut pada keyboard agar proses kerjanya menjadi lebih cepat.

Berikut ini beberapa tombol shortcut untuk mengatur teks dokumen Microsoft Word anda:

    • Ctrl + L = Untuk mengatur teks di dalam dokumen agar rata kiri / Align Text Left.
    • Ctrl + R = Untuk mengatur teks di dalam dokumen agar rata kiri / Align Text Right.
    • Ctrl + E = Untuk mengatur teks di dalam dokumen agar rata tengah / Align Text Center
    • Ctrl + J = Untuk mengatur teks di dalam dokumen agar rata kiri dan rata kanan / Align Text Jutsify

Anda perlu menyesuaikan pilihan teks yang akan anda atur posisinya dengan menggunakan tombol kombinasi yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga : Cara Mengubah atau Mengkonversi Teks ke Tabel atau Tabel ke Teks Microsoft Word

Kesimpulan

Sekian penjelasan artikel tentang cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini.

Semoga penjelasan artikel cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word ini bisa menambah informasi dan wawasan ilmu untuk anda semua yang membacanya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi di dalam artikel ini jika anda rasa artikel cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word ini banyak memberikan informasi bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung ke website kami untuk membaca artikel cara mengatur tabel rata kiri tengah atau kanan dokumen Word dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel bermanfaat selanjutnya.

Tinggalkan komentar