Cara Memotong Gambar Microsoft Word Secara Mudah

Artikel ini akan memberikan informasi penting kepada anda para pembaca cara memotong gambar Microsoft Word yang sangat mudah untuk dilakukan.

Membuat dokumen di Microsoft Office baik itu Microsoft Word, Microsoft Excel, atau Microsoft Powerpoint kadang perlu menambahkan satu atau lebih gambar untuk mendukung keseluruhan dokumen.

Hal ini dilakukan untuk menambah daya tarik pembaca ketika membaca dokumen anda dan memberikan penjelasan lebih lengkap tentang penggambaran atas penjabaran yang anda tulis.

Gambar bisa anda dapatkan dari mana saja baik itu dari hasil foto anda sendiri atau hasil scan dokumen, bisa juga anda download dari internet dan lain-lain.

Beberapa orang masih menyisipkan gambar ke Microsoft Word secara utuh di mana gambar tersebut tidak sesuai dengan ukuran dokumen, jika anda salah satu orang yang masih kebingungan memotong atau membuang sisi gambar yang dianggap tidak anda perlukan di dalam dokumen, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Cara memotong gambar Microsoft Word

Orang menggunakan aplikasi image editing untuk membuang bagian gambar atau memotong gambar sebelum akhirnya disisipkan ke dalam dokumen baik itu Microsoft Word, Microsoft Excel, maupun Microsoft PowerPoint.

Ada banyak aplikasi editing gratis yang secara komersial bisa anda gunakan untuk memotong gambar sebelum digunakan, misalnya Photoscape, photo post-pro, Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan GIMP.

Aplikasi yang sudah disebutkan di atas memiliki fitur yang lengkap dan dibuat khusus untuk mengedit gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Tetapi jika anda hanya ingin memotong atau membuang bagian gambar yang tidak anda perlukan, ada tidak perlu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, hal ini dikarenakan Microsoft Office sudah memiliki fitur untuk pengeditan gambar meskipun hanya sebatas cropping image.

Anda bisa mengedit gambar yang sudah anda sisipkan ke dalam dokumen lewat aplikasi Microsoft Office baik Word, Excel, maupun PowerPoint tanpa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Memotong dan membuang bagian gambar yang tidak anda perlukan anda bisa menggunakan fitur crop pada aplikasi Microsoft Office.

Ketika anda menggunakan fitur ini, sangat memungkinkan untuk membantu anda memotong dan membuang bagian gambar di setiap sisinya.

Untuk penjelasan selengkapnya, berikut sudah kami rangkum 4 cara memotong gambar Microsoft Word yang bisa anda lakukan di perangkat komputer anda.

Baca Juga : Cara Menambah atau Menyisipkan Halaman Kosong di Microsoft Word

Cara Memotong Gambar Microsoft Word Secara Mudah

1. Memotong satu sisi gambar

Anda pasti sudah mengetahui cara menambahkan atau menyisipkan gambar kedalam dokumen, caranya sangat mudah di mana anda hanya perlu mengklik tab insert kemudian klik tombol pictures atau online pictures, lalu cari gambar yang ingin anda masukkan ke dalam dokumen.

Berikutnya untuk pemotongan gambar, anda perlu mengklik kanan di bagian gambar dan kemudian pilih option crop.

Di setiap sudut dan sisi gambar akan muncul black crop handle atau gagang potong berwarna hitam yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk memotong dan membuang salah satu sisi dari gambar yang anda miliki, anda hanya tinggal menyeret gagang foto warna hitam tersebut di salah satu sisi gambarnya ke arah dalam.

Pada bagian ini anda akan melihat bagian gambar berwarna lebih gelap bagian foto yang akan dibuang.

Lalu klik enter untuk memotong dan membuang bagian gambar yang sudah anda atur sebelumnya.

2. Memotong dua sisi gambar berdekatan secara bersamaan

Untuk memotong bagian yang berdekatan secara bersamaan, anda hanya perlu menyeret gagang foto warna hitam tersebut di salah satu sudut gambarnya ke arah dalam.

Lalu akan nampak bagian gambar yang lebih gelap di dua sisi gambar yang berdekatan.

Tekan tombol enter pada papan keyboard anda untuk memotong dan membuang bagian gambar yang sudah diatur.

3. Memotong dua sisi gambar pararel secara bersamaan

Untuk memotong atau membuang dua sisi gambar pararel secara bersamaan, tekan dan tahan tombol keyboard ctrl sambil menyeret gagang foto berwarna hitam di salah satu sisi gambar ke arah dalam.

Anda akan melihat bagian gambar yang lebih gelap di dua sisi paralel gambar kemudian tekan enter untuk memotong dan membuang bagian tersebut.

4. Memotong ke empat sisi gambar sekaligus

Untuk memotong dan membuang keempat sisi gambar secara bersamaan sekaligus, anda perlu menekan dan menahan tombol ctrl sambil menyeret gagang foto warna hitam di salah satu sudut gambar ke arah dalam.

Kemudian akan terlihat bagian gambar yang lebih gelap di keempat sisi gambar lalu tekan enter, selesai.

5. Menggunakan bingkai pemotong standar

Cara ini hampir sama seperti yang sudah disebutkan diatas tetapi kami akan menjelaskannya secara lebih rinci dan berurutan agar anda lebih mudah memahaminya.

  • Buka dokumen Microsoft Word anda, klik dua kali pada dokumen yang sudah terdapat gambar di dalamnya.
  • Pilih gambar yang ingin anda potong kemudian klik gambar 1 kali untuk memilih gambar tersebut.
  • Klik crop dimana fitur ini berada pada segmen size di sisi kanan bilah tools format, lalu menu dropdown akan tampil setelahnya.
  • Pada menu dropdown, anda tinggal mengklik crop kemudian hitam akan tampil di setiap sudut dan sisi gambar.
  • Sesuaikan pemotongan gambar dengan kebutuhan anda dengan mengklik atau menyeret bilah-bilah hitam tersebut ke arah dalam untuk menyesuaikan pemotongan yang anda inginkan.
  • Lalu klik icon crop berada di bagian atas icon dropdown crop, selanjutnya bila bila hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya dan gambar anda sudah berhasil terpotong.
  • Jangan lupa untuk menyimpan dokumen yang sudah anda potong gambarnya dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + S.

6. Memotong gambar dengan menggunakan rasio aspek

Cara ini juga bisa dikatakan mudah Jadi anda bisa langsung mempraktekkannya sekarang juga.

  • Buka dokumen Microsoft Word yang berisi gambar yang akan anda potong.
  • Pilih gambar yang akan dipotong lalu klik gambar tersebut 1 kali untuk memilih gambar.
  • Klik panah bawah di samping tombol crop dimana panah ini berada pada segmen size di sisi kanan bilah tools format.
  • Menu dropdown akan ditampilkan anda tinggal memilih pilihan aspect ratio, pada option aspect ratio, perlu memilih rasio yang ingin anda gunakan untuk pemotongan gambar.
  • Sesuaikan seleksi pemotongan dan seret rasionya ke bagian gambar yang ingin anda simpan, menyesuaikan rasio aspek yang anda butuhkan misalnya persegi atau persegi panjang.
  • Klik ikon crop dan gambar berhasil dipotong sesuai dengan rasio aspek yang sudah anda pilih.
  • Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol kombinasi pada papan keyboard Ctrl + S.

Baca Juga :  Cara Membuat Coretan Pada Teks (Strikethrough) di Microsoft Word

 

Kesimpulan

Pengertian penjelasan cara memotong gambar Microsoft Word yang bisa kami sampaikan kali ini.

Semoga bisa menambah informasi dan langkah-langkah yang sudah dijabarkan diatas bisa anda karena dengan mudah.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel cara memotong gambar Microsoft Word dan sampai jumpa lagi di pembahasan artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar