Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence?

Artikel kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan artificial intelligence.

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence?

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan pakan ilmu dan rekayasa pembuatan mesin pintar yang melibatkan mekanisme agar dapat beroperasi sesuai dengan tugas Penggunaan komputer yang diinginkan oleh pengguna.

Artifisial intelijen banyak di singgung di berbagai macam fiksi ilmiah misalnya keberadaan robot humanoid yang memiliki banyak kegunaan sekaligus berbahaya untuk keberlangsungan hidup manusia.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai apa yang dimaksud dengan artificial intelligence, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence?

Artificial intelligence adalah teknologi yang memungkinkan suatu sistem komputer atau perangkat lunak atau program dalam penciptaan robot untuk berpikir secara cerdas selayaknya manusia.

Robot-robot ini memiliki wujud seperti manusia dilengkapi kecerdasan buatan yang membuat robot ini mampu berpikir dan mengambil keputusan selayaknya manusia.

Keberadaan artifisial intelijen bukan hanya sekedar biasa saja, tetapi memang sudah dikembangkan di dunia nyata.

Kecerdasan buatan atau artifisial intelijen merupakan bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang berkaitan dengan kecerdasan manusia.

Seperti pembelajaran, pengenalan pola, dan pemecahan masalah.

Teknologi artifisial intelijen sudah dan akan terus mempengaruhi berbagai macam tahap kehidupan manusia di seluruh dunia.

Baca Juga : Dimanakah Letak Kerajaan Tarumanegara? Ini Penjelasannya

Ditambah teknologi kecerdasan buatan juga menjadi pendorong utama hadirnya teknologi baru seperti adanya big data, chatbot, mobil swakemudi, masih banyak lagi.

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence disini adalah suatu sistem komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia.

Di mana kecerdasan buatan memiliki kemampuan pembelajaran lewat perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi, penalaran menggunakan aturan untuk mendapatkan kesimpulan dan mengoreksi diri secara mandiri.

Kemampuan seperti ini tentu saja tidak dimiliki oleh manusia melainkan hanya dimiliki oleh kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia.

Secara sederhana artifisial intelijen juga bisa diartikan sebagai sistem komputer yang dapat meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan pekerjaan yang diperintahkan sesuai dengan algoritma program.

Kecerdasan buatan ini dikenal dengan robotika atau futuristik kecerdasan buatan yang mengungguli robot fiksi ilmiah ke dalam nonfiksi ilmu komputer canggih modern yang ada saat ini.

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan manusia yang dibuat oleh manusia melalui algoritma pemrograman yang sangat kompleks.

Artificial intelligence juga lebih cerdas dan belajar lebih cepat dengan menggunakan lebih banyak data setiap hari sehingga mampu menghasilkan banyak solusi yang akurat lewat kekuatan informasi karena adanya penambahan jumlah data yang terus dianalisis.

Data-data tersebut berasal dan peristiwa yang sebelumnya hampir belum pernah disentuh sehingga data yang dimasukkan ke dalam kecerdasan buatan akan jauh lebih akurat daripada informasi yang dicerna oleh manusia pada umumnya.

Sejarah terbentuknya artificial intelligence

Perkembangan artificial intelligence pertama kali muncul sebagai konsep kecerdasan buatan yang ditemukan Setelah Perang Dunia ke-2 oleh seorang matematikawan dan filsuf muda bernama Alan turing pada tahun 1947.

Alan beranggapan bahwa manusia mampu mengolah informasi dan memecahkan masalah sekaligus membuat keputusan dari informasi yang mereka dapatkan, jika manusia saja bisa melakukan pola berpikir semacam itu, mesin juga pasti bisa melakukannya.

Kerangka logis yang diciptakan oleh konsep berpikir Alan turing membuat makalah 1950 tentang bagaimana membangun mesin cerdas dan cara menguji kecerdasan tersebut.

Sejak saat itulah adanya artifisial intelijen terus berkembang pesat hingga saat ini dan banyak digunakan di berbagai macam telekomunikasi informasi yang ada saat ini.

Misalnya saja komputer yang kita gunakan sudah memiliki kecerdasan buatan berdasarkan program logika dimana komputer bisa mengelola stimulasi yang diberikan manusia untuk menciptakan suatu keputusan berdasarkan pikiran dari para ahli.

Ada juga perangkat lunak yang bisa mengenali suara manusia dan melakukan berbagai macam perintah sesuai dengan suara yang diberikan, contohnya Alexa, Cortana, dan Siri.

Selain itu ada juga program komputer yang diciptakan untuk bermain catur yang dinamakan Deep blue IBM, program ini bahkan mampu mengalahkan juara dunia catur yaitu Garry Kasparov pada tahun 1997.

Adanya artifisial intelijen yang terus berkembang dikit banyaknya membantu mempermudah pekerjaan manusia dengan tujuan penciptaan kecerdasan yang mirip dengan manusia.

Contohnya robot yang dikembangkan oleh Cynthia Breazel bernama kismet.

Kismet mampu mengenali dan menampilkan emosi selayaknya manusia, memang cukup menyeramkan, tetapi semoga kedepannya Kismet bisa membantu lebih banyak orang bukan malah sebaliknya.

Ada juga bentuk artifisial intelijen yang berada di ruang lingkup sistem otomasi mesin misalnya mobil yang saat ini sudah bisa menyetir sendiri atau dilengkapi dengan kemampuan auto pilot.

Cara kerja artificial intelligence

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence?

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence dan bagaimana cara kerjanya?

Artifisial intelijen bekerja sesuai algoritma pemrograman yang ada di sistem komputer selama proses pembuatannya.

Algoritma pemrograman yang ada di dalam kecerdasan buatan akan dibentuk sebagai kerangka berpikir dalam pemrosesan berbagai macam data.

Programan yang ada di artificial intelegent memerlukan banyak data data-data yang kuat agar komputer mampu membedakan pola yang berguna.

Dengan banyaknya data yang dimasukkan ke dalam algoritma pemrograman artificial intelligence, maka kompleksitas mesin seakan-akan memiliki kemampuan berpikir sendiri, belajar, membuat keputusan, dan juga beradaptasi seperti halnya manusia.

Dampak dari adanya artificial intelligence

Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence di sini memberikan banyak dampak baik seperti peningkatan efektivitas kerja berdasarkan sistem kecerdasan buatan yang cenderung bekerja lebih cepat, akurat, minim kesalahan, minim kecerobohan, dan kelelahan karena bekerja secara terus-menerus.

Dengan adanya kecerdasan buatan ini kemungkinan keberhasilan dari pengobatan medis misalnya saja sistem bedah Da Vinci yang menggunakan teknologi robot untuk melakukan operasi yang lebih akurat, minim trauma, dan lebih presisi pada pasien.

Sedangkan dampak negatif yang diakibatkan dari adanya artificial intelligence adalah terjadinya perubahan besar-besaran yang ditimbulkan pada sistem kerja umat manusia, di mana akan ada banyak lahan pekerjaan yang diambil dan dilakukan oleh mesin dengan kecerdasan buatan sehingga menggeser tenaga kerja manusia dan menyebabkan banyak pengangguran.

Keberadaan artifisial intelijen di dalam mesin juga memperbesar kesenjangan sosial karena para investor dan perusahaan artifisial intelijen akan lebih banyak meraup keuntungan sedangkan masyarakat akan digantikan sistem kerjanya oleh mesin dan berujung pada peningkatan kemiskinan.

Adanya artifisial intelijen yang mampu beradaptasi juga dinilai menakutkan karena memiliki kemampuan yang bisa saja menghancurkan manusia hingga pada tahap mesin tidak lagi memerlukan manusia sebagai master.

Dengan kata lain, mesin dengan artificial intelligence akan mengabaikan perintah ataupun kontrol yang diberikan oleh manusia dan berjalan sesuai dengan kemauannya sendiri.

Hal ini pernah terjadi di Facebook yang menghentikan program eksperimen artificial intelligence mereka ketika kedua robot yang mereka buat dengan tambahan artifisial intelijen saling berbicara dengan bahasa sendiri yang tidak bisa dipahami oleh para ilmuwan komputer.

Lalu bagaimana menurut anda? Apakah adanya artifisial intelijen akan lebih banyak menguntungkan kehidupan manusia di masa depan atau malah merugikan kehidupan manusia di masa depan?

Baca Juga : Pengertian Bentuk Negara dan Macam-Macam Bentuk Negara

Kesimpulan

Sekian penjelasan artikel apa yang dimaksud dengan artificial intelligence dan penjelasan selengkapnya mengenai artifisial intelijen yang perlu anda ketahui.

Semoga artikel penjelasan apa yang dimaksud dengan artificial intelligence bisa menambah informasi dan wawasan anda mengenai teknologi terkini.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel apa yang dimaksud dengan artificial intelligence dan sampai jumpa lagi di artikel bermanfaat berikutnya.

Tinggalkan komentar